KPU Tetapkan Pasangan ADIL Bupati-Wabup SBT Terpilih, DPRD Usulkan Pengesahan Penetapan ke Mendagri

by
Pasangan Abdul Mukti Keliobas-Idrus Rumalutur (ADIL) menggunakan kain berang mengikat kepala saat mendaftar di KPU SBT, Minggu (6/9/2020). FOTO : SOFYAN KELIAN

TERASMALKU.COM,-BULA-Pasangan Abdul Mukti Keliobas – Idris Rumalutur (ADIL) telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Terpilih hasil Pilkada 09 Desember 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SBT Senin (22/02/2021).

Penetapan Bupati-Wabup SBT Terpilih ini tertuang dalam berita acara nomor 02/PL.02,7-BA/8105/KPU-kab/II/2021 tentang pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati SBT Tahun 2020 di kantor KPUD SBT di Kota Bula yang dipimpin langsung Ketua KPU SBT, Kisman Kelian yang juga dihadiri para anggota Komisioner KPUD SBT maupun Ketua Bawaslu beserta anggota.

ADIL dalam Pilkada SBT tahun lalu di usung empat partai politik diantaranya PAN, NasDem, Golkar dan PKPI.

Setelah ditetapkan sebagai Bupati-Wabup SBT Terpilih oleh KPUD SBT, DPRD SBT langsung menggelar rapat paripurna penetapan Bupati dan Wakil Bupati SBT Terpilih Senin siang pukul 13:30 WIT yang dipimpin langsung Ketua DPRD SBT, Noaf Rumauw didampingi Wakil Ketua I, Agil Rumakat. serta dihadiri Plh Bupati SBT, Syarif Makmur, Wakil Bupati Terpilih, Idris Rumalutur dan Forkompinda serta OPD.

Ketua DPRD SBT, Noaf Rumauw dalam sambutannya mengatakan pengumuman penetapan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses menuju pelantikan pasangan ADIL sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBT Terpilih Pilkada SBT Tahun 2020.

“Kami bersandar atas ketentuan perundang-undangan. Sehingga atas nama DPRD SBT, kami mengumumkan secara resmi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih adalah Abdul Mukti Keliobas sebagai Bupati dan Idris Rumalutur sebagai Wakil Bupati,”kata Noaf.

Berpedoman juga pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 131/966/OTDA yang menegaskan bahwa DPRD diminta untuk mempercepat proses pengusulan, pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih sehingga dapat dilantik secara bersama-sama pada Minggu ke-IV bulan Februari 2021.

“Maka berdasarkan hasil rapat paripurna ini, maka DPRD SBT selanjutnya mengusulkan pengesahan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku untuk diproses penetapan dan pengesahannya,” ucapnya. (Sofyan)