Krisis Air, Warga Ambon Rebutan Air Bersih

by

AMBON – Krisis air bersih masih terjadi di Kota Ambon. Seperti yang dialami warga kawasan Galunggung Kecamatan Sirimau Ambon. Mereka berebutan air bersih saat sebuah mobil tangki air memasuki wilayah tersebut, Rabu (27/4).
Meski harus rela berdesak-desakan namun warga tetap bersemangat untuk mendapatkan air bersih. Warga ini datang dengan membawa ember, cerigen hingga tong dan juga drum. Mereka terpaksa berebutan air bersih bantuan pemerintah Kota Ambon lantaran beberapa bulan terakhir ini air bersih sulit didapat menyusul terjadinya kekeringan yang berkepanjangan.
“Semua warga disini kekurangan air bersih jadi kami terpaksa antri,”kata Saleh warga setempat.
Menurutnya, krisis air bersih yang terjadi beberapa bulan terakhir ini memaksa warga harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan air bersih. Pasalnya menurut dia, pemilik mobil tangki kerap menaikan harga air bersih.
Meski harus berdesak-desakan namun warga mengaku senang karena mereka bisa mendapatkan air secara gratis,”Tidak apa-apa biar harus rebutan, tapi kan gratis, jadi tidak lagi mengeluarkan uang,”ujar Wati, warga lainnya.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Enrico Matitaputty mengatakan bantuan air bersih kepada warga Kota Ambon ini di distribusikan ke seluruh kecamatan di Kota Ambon yang terkena dampak kekeringan. Ia menyatakan, distribusi air bersih masih dilakukan hingga dua minggu kedepan.
Menurutnya, bantuan air bersih itu sengaja dilakukan untuk membantu warga yang berada di daerah-daerah ketinggian yang sulit memperoleh air bersih. “Tiap hari kami distribusi sebanyak 30 tangki air bersih untuk warga yang membutuhkan. Krisis air bersih ini terjadi karena kondisi debit air menurun setelah terjadi kekeringan panjang,”ujarnya. (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *