KSR PMI IAIN Ambon Dan HIKLA Gelar Sunatan Massal

by
KSR PMI IAIN Ambon Dan HIKLA Gelar Sunatan Massal, Sabtu (30/12)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon  bekerjasama dengan Himpunan Kesehatan Hila (HIKLA) menggelar sunatan massal yang berlangsung di Negeri Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Sabtu (30/12).

Komandan KSR-PMI Unit IAIN Ambon Guntur Kiat mengatakan, sunatan massal ini merupakan program KSR IAIN Ambon dan juga menjalankan program sosial di masyarakat. Karena dalam masyarakat muslim sunatan bagi seorang anak merupakan salah satu sunnah rasul demi menjaga kesucian ibadah dan kesehatan jasmaniah. “Sunatan ini adalah proses untuk kita tentang kesadaran akan mencegah penyakit dari usia dini,” kata Guntur.

Ia mengungkapkan, sunatan bagi sebagian masyarakat muslim juga merupakan masalah, karena terkendala  biaya yang mahal saat ini, sehingga sunatan merupakan beban yang cukup berat. Olehnya itu, lanjut dia, kondisi seperti ini memerlukan uluran tangan dari masyarakat yang lebih mampu, khususnya masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

“Sebagai bentuk komitmen dalam meringankan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, maka kita mengadakan sunatan massal bagi masyarakat yang kurang mampu,” katanya. Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan sunatan massal ini peserta berjumlah 50 orang anak dari wilayah Jazirah Leihitu. Ia berharap, dengan adanya sunatan massal ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan menjadikan generasi muda yang sehat.

Ketua Umum HIKLA Ruslan Mahmud Ollong mengucapkan terima kasih kepada KSR-PMI Unit IAIN Ambon karena bersama HIKLA dapat mensukseskan kegiatan sunatan massal ini. “Saya sangat berterima kasih kepada kawan-kawan KSR IAIN Ambon yang sama-sama punya tugas mulia dalam misi kemanusiaan dan ini merupakan upaya kecil dari kita untuk membantu misi tersebut,” katanya. Ia berharap, kegiatan ini bisa lebih ditingkatkan dan kerjasama serta silaturahmi seperti ini bisa terus terjaga dalam kegiatan selanjutnya.(IAN)