Kunjungi Ambon, Presiden Micronesia Akan Lihat Sektor Perikanan

Kunjungi Ambon, Presiden Micronesia Akan Lihat Sektor Perikanan

SHARE
Pieters M. Cristian

TERASMALUKU.COM,-AMBON – Saat kedatangannya di Kota Ambon, Presiden Micronesia diagendakan akan melihat keunggulan sektor perikanan Maluku, mengingat potensi ikan terbesar ada di Maluku. Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, usai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar rapat lanjutan di Kantor Gubernur Maluku Kota Ambon, Senin (16/7/2018),untuk memantapkan kunjungan Presiden Federal State Of Micronesia (FSM), Pieters M. Cristian ke Kota Ambon.

“Jadi beliau akan berkunjung ke Waiheru Kecamatan Teluk Ambon. Di sana, beliau akan melihat langsung apakah memang betul bisa dibuktikan atau tidak, potensi ikan terbesar ada di Maluku. Nanti bisa tanyakan saja ke Dinas Perikanan yang memang sedang mempersiapkan segala sesuatunya tentang pendayagunaan seluruh fasilitas tentang ikan di sana,” ujar Sahuburua.

Selain itu, dia menyebutkan, Presiden Pieters akan melihat kondisi Maluku lainnya, khususnya yang ada di Kota Ambon. “Dan yang terakhir, beliau mau melihat kondisi kita disini. Beliau senang mungkin, karena beliau keturunan Maluku,” jelasnya.

Sahubutua berharap, mulai dari kedatang hingga Presiden Micronesia kembali, semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Rapat kedua persiapan kunjungan Presiden Microbedia ini, dipimpin langsung Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua. “Kami mengundang semua pihak yang memiliki keterkaitan, dalam rangka persiapan kunjungan orang nomor satu di Micronesia ini ke Maluku,” terangnya.

Pihak-pihak yang diundang pada rapat persiapan ini antara lain dari Kodam 16 Pattimura, Polda Maluku maupun dinas atau instansi terkait dimana lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Presiden Micronesia Adapun agenda yang berkaitan dengan kunjungan Presiden Micronesia ini, yakni, dimulai dengan agenda memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.“Untuk materi yang akan disampaikan beliau, kita belum tahu. Tapi, saya kira tentang kualitas sumber daya manusia,” pungkas Sahuburua.

Pertemuan ini dihadiri sejumlah pejabat Polda dan Kodam yakni, Komandan Korem 151 Binaiya Kolonel inf Christian Tuhuteru, Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Muhammad Ansory Arifin (Dirintelkam), dan Kapolres P. Ambon dan P. P. Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso SIK. Presiden Micronesia Fieters diundang Presiden Joko Widodo ke Kota Ambon. Fieters diketahui berdarah Maluku yakni dati Negeri Haria Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah.(ADI)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...