Kunjungi Tahanan, Kapolda Maluku : Penjara Tempat Terbaik Untuk Menyadarkan Diri

by
Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Jafar memimpin doa saat mengunjungi para tahanan di Rutan Polda Maluku, Sabtu (29/2/2020). Di waktu yang sama, Kapolda juga mengunjungi pasien di RS Bhayangkara. FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Baharudin Jafar mengunjungi para tahanan di Rutan Polda Maluku, Sabtu (29/2/2020). Kapolda juga mengunjungi  para pasien Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Ambon.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Jafar mengunjungi pasien di RS Bhayangkara Polda Maluku, Sabtu (29/2/2020). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

Kapolda awalnya mengunjungi tahanan di Rutan Polda Maluku. Kapolda memperkenalkan diri bagi para tahanan. Para tahanan juga dapat mengadu kepada Kapolda jika ada sesuatu yang tidak berkenan. Ia juga mengajak tahanan banyak mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta bersabar menghadapi cobaan.

Mantan Kapolda Sulawesi Barat ini memberikan pencerahan, semangat dan motivasi kepada tahanan baik yang beragama Muslim maupun Nasrani. Orang nomor satu di Polda Maluku ini menambahkan, penjara merupakan tempat untuk mengevaluasi diri, maupun tempat untuk menyadarkan diri setiap manusia yang melakukan kesalahan.

Loading...

“Perbuatan kita lah, yang mengantar kita untuk hidup ditempat ini (rutan), jadi rutan sebagai tempat yang paling baik untuk menyadarkan diri, maupun tempat evaluasi dari segala kesalahan dan kehilafan, sehingga tidak lagi mengulangi perbuatan serupa,” tutur mantan Kabid Humas Polda Sumatera Utara itu.

Menurutnya, tidak ada manusia yang ingin menghabiskan masa hidupnya dengan sebuah kesalahan dan pelanggaran. “Kita semua pasti ingin menjadi yang lebih baik. Tuhan itu maha pengampun dan penyayang, jika kita mau berubah. Sesungguhnya Tuhan tidak akan mengubah nasib kita, sebelum kita mau mengubah diri sendiri. Mari kita sadar dan berubah untuk kebaikan sebelum kita meninggalkan dunia ini,” papar jenderal yang hobi berdakwah ini dihadapan tahanan.

Usai mengunjungi tahanan, Kapolda juga menjeguk anggota Polda  Maluku yang sementara dirawat  di RS Bhayangkara Polda Maluku yakni, Baharatu Rindy Soukotta serta masyarakat lainnya. Kapolda memberikan dukungan doa serta mengingatkan pasien senantiasa mengandalkan Tuhan Yang Maha Kuasa bagi kesembuhan mereka.

Kapolda mengatakan, sakit yang dialami para pasien itu merupakan bentuk teguran dari Tuhan agar mereka mengenti dan memahami pentingnya menjaga kesehatan. “Dekatkan diri kepada Tuhan, memintalah kepadaNya, agar kita selalu diberikan nikmat kesehatan. Sakit ini bagian dari cara Tuhan untuk menggugurkan dosa kita dan memberikan kita teguran agar lebih mawas diri menjaga kesehatan kita,” pesan alumnus Akpol 1986 itu. (ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *