Kunker ke Waraka, Gubernur Janji Bangun SMA Negeri

by
Gubernur Maluku Said Assagaff saat berkunjung ke Waraka

AMBON-Keinginan masyarakat Negeri Waraka Kecamatan Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah untuk memiliki SMA Negeri bakal terwujud. Gubernur Maluku Said Assagaff menyatakan akan membangun SMA Negeri 3  di desa itu, sehingga  anak –anak, generasi  penerus  mudah bersekolah. Gubernur meminta Raja Waraka Richard Lailossa untuk menyiapkan lahan bagi lokasi sekolah.

“Saya akan membangun SMA Negeri Tiga di  Waraka. Pak Raja siapkan lokasi, Insya Allah tahun depan saya akan datang untuk letakan batu pertama bangunan sekolah,” kata Gubernur yang disambut tepuk tangan ratusan warga  mengawali sambutan peresmian Baileo Besar Ina Ama Latu Lailossate Negeri Waraka Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (5/8).

Gubernur menyatakan, sebagai kepala daerah ia berkewajiban membangun SMA di daerah  itu karena selama ini  anak-anak lulusan SMP dari Waraka  melanjutkan pendidikan SMA ke daerah yang lebih  jauh seperti di Kecamatan TNS.

Loading...

Kondisi ini juga tak jarang membuat anak-anak terpaksa tidak sekolah dan  sulit mendapatkan pendidikan yang baik.  Saat ini sebagian anak-anak lulusan SMP memang   ada yang masuk  SMA di Waraka dengan memakai gedung SMP, namun aktivitas belajar terganggu dan tidak maksimal. Karena itu, gubernur menyatakan akan membangun SMA Negeri di desa itu.

“Kedepan akan-anak kita tidak boleh bodoh, dari mulai saat ini kita harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing dengan daerah lainnya. Karena itu mulai tahun ini, anggaran pendidikan juga kami tingkatkan,” kata gubernur.

Secara umum gubernur juga  menyatakan, untuk meningkatkan kualitas SDM  Maluku, pihaknya akan menyediahkan sarana pendidikan yang memadai dan saat ini tengah berjuang membangun Institut Teknologi Ambon  (ITA). “Apa yang kita lakukan saat ini untuk  anak cucuk kita agar mereka cerdas sehingga bisa bersaing dengan daerah lainnya,”katanya.

Dalam kunjungan kerja (Kunker) ke desa ini, gubernur juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Shale Thio, dan sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Maluku.  ADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *