Kuota Haji Maluku 2017 Naik Dua Kali Lipat

by

AMBON- Kuota Haji untuk Provinsi Maluku di tahun 2017 meningkat menjadi dua kali lipat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2016 kuota Haji Maluku berjumlah 569 orang sedangkan tahun 2017 naik menjadi 1090 orang.

“Kuota Haji untuk kita di Maluku tahun ini naik dua kali lipat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 569 orang. Tahun 2017 kuota haji yang dimiliki Maluku itu berjumlah 1090 orang,” kata Gubernur Maluku Said Assagaff saat menyampaikan keterangan kepada wartawab di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (22/2).

Assagaff menyatakan, dari jumlah kuota yang ada sekitar 10 ribu orang, dirinya masih meminta tambahan kuota lagi supaya Calon Jamaah Haji untuk Maluku yang sudah menunggu cukup lama bisa terselesaikan. “Dari jumlah 1090 kuota untuk Maluku muda-mudahan kita bisa dapat tambahan kuota haji lagi sekitar 100 sampai 200 orang. Sehingga rangkaian perjalanan haji kita yang sudah menunggu cukul lama bisa selesai,” kata Assagaff.

Loading...

Ia mengatakan, penambahan kuota haji yang telah ditetapkan untuk Maluku itu sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 75 tahun 2017 yang telah diterimanya. Lanjut Assagaff, Kenaikan tersebut hampir 100 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Gorontalo dan provinsi lainnya.

Bertambahnya jumlah kuota tersebut, menurut Assagaff, berkat komunikasi intens yang dia lakukan bersama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Faisal Musaad ke Kementerian Agama. Selain itu juga pemberangkatan Calon Jamaah Haji tidak lagi melakukan transit di Makassar melainkan berangkat langsung sampai tempat tujuan. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *