Lagi, 2 Puskesmas di Ambon Tutup, Menyusul 5 Perawat Positif Covid-19

by
Puskesmas Rijali yang lebih dulu tutup, mulai beroperasi setelah tiga perawat yang positif covid-19 jalani isolasi terpusat, (30/5) FOTO: Dok Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Baru saja dua perawat di dua puskesmas kota Ambon terkonfirmasi covid-19 Sabtu (30/5/2020). Hari ini kembali diumumkan ada lima (5) perawat lain yang juga punya hasil positif virus corona.

“Semalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gustu) Kota Ambon menerima data dari BTKLPP, dimana ada penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak lima orang yang merupakan tenaga kesehatan¬† dari Kota Ambon,” kata Juru bicara Gugus Tugas Kota Ambon, Joy Adriaansz di Ambon, Sabtu (30/5/2020).

Kelima perawat tersebut antara lain, tiga (3) dari Puskesmas Rijali, satu (1) orang perawat Puskesmas Air Salobar dan satu (1) lainnya merupakan perawat Puskesmas Poka.

“Gugus Tugas akan mengambil langkah antisipasi yang sama yaitu menutup sementara dua puskesmas, yakni Puskesmas Poka dan Air Salobar untuk kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan,” terang Jubir.

Itu berarti sudah ada empat puskesmas yang tutup. Yakni puskesmas Tawiri dan Hutumuri, menyusul Puskesmas Poka dan Air Salobar. Keempat puskesmas ini tutup hingga 8 Juni 2020 mendatang.

Loading...

Sementara untuk Puskesmas Rijali yang lebih dulu tutup, pelayanannya tetap berjalan normal. Itu lantaran ketiga perawat yang dinyatakan positif itu, telah menjalani isolasi terpusat. “Sejak kasus terkonfirmasi terhadap dua perawat sebelumnya di Puskesmas Rijali, Gugus Tugas sudah melakukan penutupan sementara Puskesmas tersebut untuk dilakukan sterilisasi, dan terhadap perawat lainnya yang rapid testnya reaktif,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, tetap setia dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Ambon.

“Kita lihat, semakin bertambah kasus terkonfirmasi dari pihak tenaga kesehatan sendiri, karena itu, kami tetap minta kepada masyarakat kota ambon untuk senantiasa Berdoa kepada Tuhan, serta setia dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS dalam kehidupan sesehari, agar terhindar dari COVID-19,” kata Joy

Jubir juga meminta masyarakat yang merasa pernah mengunjungi puskesmas-puskesmas tersebut dalam kurun waktu beberapa hari terakhir serta punya gejala serupa Covid-19 agar segera periksa diri. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *