Lakukan Pengalihan Lalin, Kapolda Koordinasi Dengan PU Untuk Perbaikan Jalan

by
Aparat kepolisian mengamankan lokasi longsor di jalan Kalapa Tinggi Menuju Desa Naku Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, Sabtu (19/5/2018)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kondisi jalan yang longsor saat hujan mengakibatkan aktifitas di beberapa desa di Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon  tak berjalan mulus. Warga Desa Naku, Kilang, Ema dan Desa Hukurila yang hendak ke pusat kota atau arah sebaliknya terpaksa harus memutar balik kendaraannya melewati Passo, Kecamatan Teluk Ambon. Lubang longsor yang besar dan menganga di Kalapa Tinggi Menuju Desa Naku amat membahayakan pengguna jalan.

Beberapa petugas kepolisian pun bersiaga membantu mengamankan lokasi longsor. Pasalnya beberapa warga tampak penasaran dan sedang melihat tanah beserta aspal yang amblas itu. Pengendara sepeda motor juga memperlambat laju kendaraannya saat melewati area tersebut. “Upaya saat ini kami tempatkan anggota untuk mengalihkan jalan,” jelas Kapolda Maluku Irjen Pol. Andap Budhi Revianto kepada Terasmaluku.com Sabtu (19/5/2018).

BACA JUGA : Jalan Naku Longsor, Warga Empat Desa di Leitimur Selatan Tempuh Jalur Paso

Berbekal bambu dan kayu, beberapa petugas kepolisian dibantu warga mengamankan area sekitar longsor. Mereka melakukan sistem buka tutup jalan bagi pengendara sepeda motor dari dan menuju ke empat desa tersebut. Cara itu ditempuh untuk mengurangi beban pada jalan agar tidak terjadi longsor susulan. “Masyarakat yang menggunakan mobil agar sementara waktu menghindari kawasan itu,” lanjut Kapolda.

Satu satunya akses paling memungkinkan yakni melewati jalan putar atau arah Passo dan Batu Gong. Waktu tempuh pun makin panjang dan jauh. Namun untuk sementara pihaknya tengah mengupayakan agar jalan yang amblas itu tidak makin besar dan memakan seluruh badan jalan. Kapolda juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum agar segera memperbaiki jalan.

Pasalnya jalan tersebut merupakan infrastruktur vital. “Ini fasilitas umum sehingga harus diprioritaskan secepatnya,” tegas Kasatpol PP Kota Ambon, Demy Paays.Bila tidak segera diambil tindakan, aktifitas warga empat desa bisa lumpuh. Pasalnya tak ada jalan lain yang lebih cepat dilalui. (BIR)