LANAL Tual Bantu KPU Distribusi Dokumen HEBAT

by
Ibrahim Faqih

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih mengungkapkan,  TNI AL akan membantu mendistribusikan dokumen verifikasi faktual bakal pasangan  calon  Gubernur dan Wakil Gubernur  Maluku perseorangan, Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT) di tiga  kecamatan di wilayah itu.

Menurut Faqih, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tual akan mengerahkan  satu kapal,  sedangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual membantu Bahan Bakar Minyak untuk distribusi dokumen verifikasi faktual pasangan HEBAT. “Hasil koordinasi kami bersama jajaran Muspida Tual,  Danlanal Tual bersedia menyiapkan armada untuk distribusi dokumen, dan Pemkot Tual  yang memfasilitasi bahan bakar,” kata Faqih  kepada wartawan di Tual, Jumat (2/2).

Menurut Faqih, sebelumnya KPU Kota Tual menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait guna membahas kelancaran tahapan verifikasi faktual pasangan HEBAT di Aula Kantor KPU Kota Tual. Pertemuan itu, lanjut Faqih, melahirkan kesepakatan agar KPU berkoordinasi dengan Pemkot Tual untuk mendistribusi dokumen verifikasi pasangan HEBAT  ke tiga kecamatan. Yakni  Kecamatan Pulau-Pulau Kur,Tayando Tam dan Kecamatan Kur Selatan.

Distribusi dokumen  ferikvikasi ke tiga kecamatan itu  hingga kini belum bisa dilakukan karena cuaca buruk. “Setelah pertemuan itu, kami  berkoordinasi dengan Walikota Tual Adam Rahayaan terkait hasil pertemuan tersebut, Walikota Tual merespon memfasilitasi KPU dengan menggunakan kapal TNI AL dalam distribusi dokumen ke tiga kecamatan itu, “kata Faqih.

Menurut Faqih, Walikota langsung menghubungi Danlanal Tual Kolonel Laut P Hartanto Nugroho yang bersedia menyiapkan armada kapal. KPU berharap transportasi disediakan secepatnya agar dokumen ferivikasi bisa didistribusikan ke tiga kecamatan itu sehingga  proses verifikasi faktual pasangan HEBAT dilakukan secepatnya. “Kita berharap secepatnya, karena batas akhir ferivikasi faktual di lapangan  sampai tanggal 5 Februari nanti,” kata Faqih.

Verifikasi faktual dukungan warga ke HEBAT di tiga  kecamatan itu  mengalami hambatan akibat cuaca buruk. “Sampai saat ini kita belum lakukan verifikasi faktual karena distribusi dokumen ke Kecamatan Pulau-pulau Kur,Tayando Tam dan Kecamatan Kur Selatan, terkendala transportasi akibat peringatan dini cuaca buruk dan gelombang tinggi dari BMKG ke KPU Tual,” kata Koordinator Devisi Teknis KPU Kota Tual, Rifai Rumaf. (AS)