Lansia Panti Werdha Ina Kaka Terima Vaksinasi Covid-19

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah kota (Pemkot) Ambon mulai melakukan vaksinasi perdana kepada lansia di Ambon. Vaksinasi perdana ini dialkukan kepada para lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Ina Kaka kawasan Passo kota Ambon, Selasa (2/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy mengatakan, vaksinasi terhadap lansia di Ambon ini dilakukan sesuai dengan surat edaran menteri kesehatan.

“Pemerintah sudah menganjurkan untuk bisa dilakukan vaksinasi kepada lansia 60 tahun ke atas. Saat ini kita sedang mulai dengan Vaksinasi terhadap lansia,” kata Wendy.

Wendy menyebutkan, dari data yang tercatat, sebanyak 51 lansia yang tercatat di Panti Sosial untuk penerimaan vaksin. Namun nanti mereka melewati tahapan skrining lagi.

“Untuk lansia kriteria yang ditanyakan saat skrining lebih banyak, ada tambahan 5 kriteria,” kata Wendy.

Bagi lansia yang telah menerima suntikan pertama membutuhkan waktu 28 hari untuk suntikan tahap kedua. Ini berbeda dengan vaksinasi bagi usia 18 hingga 59 tahun yang hanya berjarak 14 hari.

Wendy mengatakan, berdasarkan data dari BPS, lansia di Kota zbon berjumlah kurang lebih 29 ribu jiwa. Namun sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan untuk tahap awal ini ditargetkan bagi 38 persen lansia dari jumlah yang ada.

“Dengan demikian untuk awal vaksinasi lansia mandiri di Kota Ambon ditargetkan sekitar 5 ribuan lansia yang di vaksin,” katanya. (ALFIAN SANUSI)