Lantamal Ambon Evakuasi Puluhan Warga Batu Koneng

by
Anggota Lantamal IX Ambon mengevakuasi warga Batu Koneng Sabtu (6/5) malam

AMBON-TERASMALUKU.COM,PANGKALAN Utama TNI AL (Lantamal) IX  Ambon mengevakuasi 60 warga Desa Batu Koneng Kecamatan Teluk Ambon, Sabtu (6/5) malam. Warga yang terdiri dari 53 orang dewasa dan anak – anak serta 7 balita tersebut terpaksa mengungsi ke Lantamal Ambon akibat bentrok antar warga yang terjadi di kawasan Batu Koneng.

Evakuasi warga melalui jalan darat dilakukan dengan menggunakan truk TNI AL dengan mengangkut 11 warga Batu Koneng yang sebelumnya mengungsi di Desa Telaga Kodok Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.  Sedangkan jalur laut dengan menggunakan Sea Reader di Dermaga Pelabuhan Desa Poka menuju Dermaga Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal Ambon dengan pengawalan personel Lantamal menggunakan senjata lengkap.

Untuk selanjutnya para pengungsi di data di Marshailling Area Lantamal  IX Ambon.  Setelah sampai ditempat pengungsian warga keseluruhan didata oleh pihak Lantamal Ambon. Selain itu juga, warga pengungsi di berikan dukungan kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal Ambon dan fasilitas lainnya.

Sementara Dinas Sosial Provinsi Maluku memberikan bantuan berupa dukungan logistik, 2 buah tenda utama, 1 buah tenda kesehatan dan selimut serta matras untuk warga. Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono menekankan kepada seluruh jajaran harus bersikap nasionalis dan tidak ada perbedaan suku dan golongan   serta berikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengungsi.

Selain di Lantamal Ambon, puluhan warga Batu Koneng juga dievakuasi ke Markas Zipur 5 Kodam 16 Pattimura di Desa Poka untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan akibat bentrokan di tempat tinggal mereka.  (IAN)