Lantik Dua Kepala Daerah, Gubernur Maluku Ingatkan Wakil Bupati Harus Tunduk Kepada Bupati Hingga Singgung Soal Militer

by
Gubernur Maluku, Murad Ismail saat berikan arahan pada pengambilan sumpah janji sekaligus pelantikan Bupati-wabup SBT dan Kepulauan Aru di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Jumat (26/2/2021). Foto : Tangkapan Layar

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail menyinggung persoalan ketidakharmonisan hubungan Bupati dan Wakil Bupati saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) dan Kepulauan Aru di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Jumat (26/2/2021) sore.

Pelantikan ini disiarkan juga secara live melalui kanal Youtube Dikominfo Maluku TV Channel.

BACA JUGA : Gubernur Maluku Lantik Bupati-Wabup SBT dan Kepulauan Aru

BACA JUGA : Resmi Dilantik, Begini Pesan Gubernur Untuk Bupati- Wabup SBT dan Kepulauan Aru

Dalam arahannya usai mengambil sumpah janji sekaligus melantik Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBT serta Johan Gonga dan Muin Sogalrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru masa jabatan 2021-2026, Gubernur Murad secara gambalng mengingatkan persoalan yang satu ini.

Bahkan mantan Dankor Brimob Polri ini pun juga menyinggung soal militer. “Saya mengingatkan bahwa hubungan Bupati dengan Wakil Bupati biasanya dimana-mana ada terjadi hal-hal yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Kalau di militer, pimpinan itu tidak pernah salah. Pimpinan itu hanya berlaku dua pasal , pasal satu pimpinan tidak pernah salah, kalau pimpinan melakukan kesalahan pasal dua mengatakan bahwa kembali ke pasal satu bahwa pimpinan tidak pernah salah,”ucapnya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini pun menyampaikan setidaknya ada empat point pesan bagi Wakil Bupati jika ingin tetap harmonis dengan Bupati dan menjadi orang hebat satu saat nanti.

Pesan pertama dikatakan Gubernur Murad, jika Wakil Bupati mau menjadi orang hebat, maka harus rendah hati jangan sombong. “Jangan selalu melihat keatas tapi melihat ke samping dan ke bawah, nanti pada waktunya Wakil Bupati itu bisa melihat ke atas dan dia berada di atas apabila selama berjalan dengan pimpinannya dengan bupatinya menciptakan suasana yang baik,”tuturnya.

Halaman Selanjutnya…