Lantik Enam Pengcab, KONI Apresiasi FPTI Maluku

by
Ketua KONI Maluku Tonny Pariela memberikan sambutan saat pelantikan enam Pengcab FPTI Maluku, Senin (7/8).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku, Prof. Dr. Tonny Pariela, M.Si mengapresiasi Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Maluku, karena dalam setahun berhasil melakukan konsolidasi dan membentuk enam Pengurus Cabang (Pengcab) FPTI di enam Kabupaten/Kota di Maluku.

Sebagai organisasi cabang olahraga yang baru terbentuk di daerah ini, Tonny  berharap kedepan panjat tebing dapat menyumbangkan prestasi bagi daerah Maluku di pentas olahraga nasional. “Saya mengapresiasi rekan-rekan di FPTI Maluku karena meskipun baru setahun terbentuk, sudah melakukan konsolidasi organisasi dan membentuk enam Pengcab di daerah kabupaten/kota,” kata Pariela saat menyampaikan sambutan dalam pelantikan enam Pengcab FPTI Maluku di aula Balai Diklat Provinsi Maluku, Ambon, Senin (7/8).

Apresiasi ini tidak tanpa alasan. Sebab, kata Tonny Pariela, beberapa pengurus cabang olahraga yang sudah terbentuk lama di Maluku, ada juga yang belum mampu melakukan konsolidasi organisasi dan membentuk sedikitnya struktur kepengurusan hingga enam Pengcab di daerah.

“Saya melihat ada keseriusan rekan-rekan Pengprov FPTI untuk memajukan olahraga panjat tebing di Maluku, apalagi kepengurusannya banyak diisi oleh anak muda. Kami dari KONI akan selalu mendukung program FPTI, dan berharap kedepan melalui cabang olahraga panjat tebing dapat meraih prestasi, bukan hanya di daerah tapi juga tingkat nasional,” katanya.

Pariela mengungkapkan, pihaknya sebentar lagi akan mengakhiri masa pengabdian di KONI karena akan digelar Musyawarah Provinsi untuk memilih Ketua Umum baru, akhir bulan Agustus ini. “Saya akan mengupayakan dan menitip pembangunan fasilitas FPTI kepada kepengurusan KONI berikutnya,” tandasnya.
Ia juga berjanji akan membantu berkoordinasi dengan KONI Kabupaten/Kota agar FPTI yang sudah terbentuk dan pengurusnya telah dilantik, dapat diterima sebagai anggota di KONI setempat.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov FPTI Maluku, M. Azis Tunny berharap, Pengcab FPTI yang telah dilantik kepengurusannya, kedepan mampu bekerjasama dalam satu tim demi memajukan olahraga panjat tebing di daerahnya.

“Saya minta agar teman-teman Pengcab bisa mengoptimalkan pembinaan atlit dan memaksimalkan sarana-prasarana pengembangan olahraga panjat tebing di daerah. Kita memang masih serba terbatas, khususnya fasilitas olahraga panjat tebing. Tapi ini jangan sampai menjadi alasan untuk kita tidak bisa bangkit dan berprestasi,” katanya.

Setelah acara pelantikan, Azis juga berkesempatan membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) II FPTI Maluku. Rakerprov yang dilaksanakan dalam sehari itu bertujuan untuk mensosialisasi dan mensinergikan program kerja yang dimiliki Pengprov dengan Pengcab yang sudah terbentuk.

Pihaknya juga akan menggelar “coaching clinic” bagi pelatih panjat tebing di Maluku dengan mendatangkan pelatih atlit Pelatnas untuk cabang olahraga panjat tebing, Trianto Budi Santosa.

“Coaching clinic selama dua hari ini dalam rangka persiapan Pengcab-Pengcab, khususnya pelatih dalam menyiapkan atlit-atlit di daerah untuk mewakili Pengcab mengikuti Kejuaraan Provinsi Panjat Tebing Maluku 2017 yang akan kami laksanakan awal bulan September nanti,” kata Azis. (IAN)