Lantik Sekretaris KPU Maluku, Sekjen KPU RI Minta Masuku Jaga Integritas

by
Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim melantik Mohammad Ali Masuku menjadi Sekretaris KPU Maluku

AMBON-Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arif Rahman Hakim melantik Mohammad Ali Masuku menjadi Sekretaris KPU Provinsi Maluku di aula Kantor KPU Maluku, Senin (25/7). Masuku yang merupakan pejabat di lingkup  Pemprov Malukul ini  dilantik berdasarkan Surat Keputusan Sekjen KPU RI  bernomor 322/KPTS/Setjen/2016/12 Juli 2016.

“Saya percaya bahwa  saudara (Ali Masuku) akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Arif saat membacakan kata-kata pelantikan itu.

Arif minta Masuku dapat membangun kerjasama yang baik dengan komisioner KPU Maluku sehingga tugas pelaksanaan KPU berjalan dengan baik.  Selain itu, Arif berharap Masuku dapat menjaga integritas,independensi sebagai pejabat publik sehingga dapat memberikan dukungan kepada komisioner KPU Maluku dalam tugas – tugas kepemiluan di daerah itu.

“Sebagai pejabat publik, saya minta Sekretaris KPU  dapat menjaga integritas, netralitas, profesional, independen dalam  menjalankan tugas sehingga dapat memberikan dukungan yang maksimal kepada  para komisioner KPU Maluku dalam tugasnya,” kata Arif.

Arif menyatakan, Sekretaris KPU Maluku menjalankan tugas-tugas administrasi dan  teknis mendukung komisioner KPU. Setelah dilantik, Masuku diperhadapkan dengan pelaksanaan  Pilkada  di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku pada 2017 ini, dan tahapan pemilu  yang mulai berjalan.

Pada 2018, Provinsi Maluku akan menggelar Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku. Dan pada 2019 nanti, akan digelar Pemilu, dilanjutkan dengan Pilres. Karena itu, ia minta Sekretaris bersama PNS di KPU Maluku memberikan pelayanan yang baik dan  berlaku adil kepada semua peserta Pilkada maupun pemilu.

Mengingat pada 2017,  ada sejumlah kabupaten dan kota di Maluku  akan menggelar Pilkada,  Arif mengingatkan agar Masuku dapat memastikan ketersediaan anggaran dalam tiap tahapan penyelenggaraan pilkada tersebut.

Ia juga  menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Maluku yang memberikan izin kepada Masuku menjadi Sekertaris KPU Maluku. “Saya juga minta agar Sekertaris  KPU dapat membangun koordinasi dengan pemerintah daerah  sehingga apabila ada  masalah – masalah  yang masih kurang bisa dicari jalan keluar,” kata Arif.

Masuku dilantik menggantikan Sekertaris KPU Maluku Arsad Rahawarin,yang pensiun pada Juli ini. Ia terpilih melalui lelang jabatan  dan hasil kerja   Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris KPU Provinsi Maluku. Pelantikan Masuku juga dihadiri komisioner KPU Maluku dan  kabupaten/kota lainnya di Maluku. Hadir juga Sekertaris Daerah Maluku, Hamin Bin Taher dan pejabat Pemprov Maluku lainnya. ADI