Lanud Pattimura Gelar Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban

by
Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo (kiri) menyerahkan hewan kurban kepada ketua panitia peringatan Idul Adha Lanud Pattimura. FOTO : PENERANGAN LANUD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo bersama warga Lanud Pattimura menggelar Shalat Idul Adha 1439 H/2018 M di Masjid Al-Huda Lanud Pattimura, Ambon, Rabu(22/8/2018). Hari Raya Idul Adha bertemakan “Dengan Hikmah Idul Adha kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan guna membentuk prajurit profesional, rela berkorban dan manunggal dengan rakyat”.

Dalam sambutannya di depan jamaah Shalat Idul Adha sebelum pelaksanaan Shalat, Danlanud mengajak prajurit Lanud Pattimura dan jamaah agar memiliki semangat rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa, serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya dimanapun melaksanakan tugas.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan bahwa kurban sudah sepatutnya dimaknai secara mendalam dalam dimensi spiritualitasnya. Bukan dimensi formalnya semata.  Sebab lanjut Danlanud, tatkala kurban dimaknai sebagai ibadah formal, maka setiap tahun Umat Islam menyembelih hewan, hanya sekedar mengikuti tradisi Nabi Ibrahim AS yang menyembelih anaknya, Ismail AS yang kemudian digantikan oleh Allah SWT dengan seekor domba.

Loading...

“Akan tetapi apa bila kurban dipahami sebagai prosesi spiritual, maka akan terjadi transformasi atas peristiwa kurban dalam masyarakat sebagai peristiwa pengorbanan yang akbar, karena sejatinya yang dikorbankan adalah harta kekayaan atau kepemilikan yang paling disenangi dan paling berharga,” kata Danlanud.

Sementara itu Ustadz Faturrahman, dalam khutbahnya menyampaikan ketauladanan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT adalah universal dan implementatif, sebagai mana umat manusia yang memiliki derajat dan posisi yang sama dihadapan Allah SWT.“Ketulusan dan keterbukaan sikap kesederhanaan hidup yang dapat diambil dari peristiwa Nabi Ibrahim AS”, lanjutnya.

Faturrahman yang juga tokoh agama di Kota Ambon mengajak jamaah Shalat Idul Adha selalu menumbuhkan solidaritas sosial untuk mewujudkan keharmonisan di Indonesia lewat dialog antar individu dan kelompok. Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban oleh Danlanud kepada ketua panitia peringatan Idul Adha Lanud Pattimura.

Pada Idul Adha kali ini, dewan Masjid Al-Huda Lanud Pattimura memperoleh amanah hewan kurban berupa  empat ekor sapi dan satu ekor kambing. Daging hewan kurban selanjutnya didistribusikan kepada warga Lanud Pattimura dan masyarakat yang berhak menerimanya. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *