Lapas Ambon Sosialisasi Bahaya COVID-19 Bagi Pengunjung

by
Kepala Lapas Kelas II A Ambon Syaiful Sahri. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Makin merebaknya Virus Corona atau Covid-19 membuat masyarakat merasa khawatir. Berbagai langkah antisipasi ditempuh, untuk mencegah penyebaran covid-19.

BACA JUGA : Dalam Empat Hari 431 Pasien Covid-19 di Maluku Sembuh, Ini Faktor Penyebabnya

Seperti dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambon. Protokol kesehatan diberlakukan kepada pengunjung Lapas sebagai perubahan perilaku di masa pandemi covid-19. Setiap pengunjung diberikan sosialisasi dan pengecekan suhu tubuh, wajib pakai masker, mencuci tangan dan melewati bilik penyemprotan disinfektan.

“Kita berikan sosialisasi kepada pengunjung pentingnya protokol kesehatan. Ini kan untuk kebaikan bersama. Mari kita cegah virus ini,”kata Kepala Lapas Kelas II A Ambon Syaiful Sahri, Jumat (16/10/2020) pagi.

Loading...

Syaiful mengatakan pengunjung yang terdeteksi suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celsius, tidak diperbolehkan masuk ke dalam Lapas. Petugas akan memberikan pelayanan kesehatan terlebih dahulu, jika perlu dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Selain pengunjung, sosialisasi yang sama, rutin disampaikan kepada narapidana di Lapas Kelas II A Ambon. Sejak merebaknya virus ini, pihak Lapas sudah membatasi pergerakan narapidana, agar tidak berkumpul dan tetap jaga jarak. Merekapun wajib mengenakan masker saat beraktivitas dalam blok tahanan.

“Kami serius menghalau virus ini masuk ke lapas. Kondisi kesehatan narapidana tetap diutamakan, dengan rutin berolahraga dan makan makanan bergizi yang disediakan petugas,”ungkap Mantan Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur ini.

Syaiful tidak menapik, pencegahan di dalam lapas dirasa cukup maksimal. 343 narapidana dan petugas yang ada, sudah menjalani Swab Tes. Hasilnya, semua dinyatakan negatif dari Virus Corona. Yang dikhawatirkan, bahaya justru datang dari luar lapas. Karena itu, frekuensi kunjungan sudah dikurangi. (RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *