Larang Parkir Ganda, Masih Ada Kendaraan Dua Lajur di Jalan Pattimura

by
Kendaraan roda empat masih parkir ganda di Jalan Pattimura Ambon hingga Kamis (15/4/2021). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemandangan yang sama masih terlihat di sepanjang Jalan Pattimura Kota Ambon. Kendaraan roda empat kembali parkir ganda.

Sejak Kamis (15/4/2021) pagi hingga siang, sekitar pukul 12.00 WIT, sejumlah kendaraan roda empat masih terparkir di jalan. Ada yang parkir sebentar ada pula yang lama.

Dari pantauan Terasmaluku.com kendaraan yang parkir umumnya berasal dari pegawai kantor di sepanjang kawasan itu. Mulai dari pagewai bank, sekolah hingga anggota kepolisian di Mapolda Maluku. Bahkan ada satu kendaraan polisi yang terparkir di situ.

BACA JUGA : Dishub Prediksi Lima Tahun Lagi Ambon Hadapi Masalah Parah Ini

Memang sejak lama salah satu sisi jalan difungsikan untuk parkir kendaraan. Alasan utama adalah minim laham parkir pada setiap kantor serta ketiadaan lahan parkir khusus yang dikelola pemerintah kota sebagai solusi.

Para pemilik kendaraan yang parkir juga diarahkan oleh jukir resmi agar lalulintas di situ aman. Di lain sisi Dinas Perhubungan Kota Ambon punya aturan terkait parkir ganda.

Saat dihubungi dua hari lalu Kepala Dinas Perhubungan Kota, Robby Sapulette menyatakan ada sanksi bagi pengendara yang parkir ganda di Jalan Pattimura.

Yakni penggembosan ban kendaraan. Seperti yang terjadi dua hari lalu. Para pemilik kendaraan kaget saat melihat ban mobil mereka kempis.

Salah seorang pengendara yang ditemui wartawan siang tadi mengaku sudah lama parkir di situ hanya saja aturan tersebut baru dia ketahui.

“Biasanya katong parkir di sini. Betapa kerja di sini dan katong juga bayar retribusi. Jadi bingung kalau ada aturan seng boleh parkir laku mau parkir di mana. Beta seng usah bayar retribusi parkir dong,” ujar Shakinah, pemilik kendaraan roda empat yang parkir di situ, Kamis (15/4/2021).