Laut Maluku Rawan Bencana, Basarnas Bantu Kapal Rescue

by
Agus Sukarno

AMBON -Perairan laut Maluku sangat rentan dengan kecelakaan laut, karena itu untuk mendukung operasi SAR di Maluku, Badan SAR Nasional (Basarnas) akan memberikan bantuan satu unit kapal rescue kepada Kantor SAR Ambon.

“Untuk tahun ini ada bantuan kapal baru di Maluku juga perahu karet,”kata Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan Basarnas, Agus Sukarno kepada wratawan, Rabu (1/6).

Dia mengungkapkan, selain memberikan bantuan kapal dan perahu karet jenis RIB, Basarnas juga akan melengkapi pos SAR yang ada di Maluku dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Hal itu dilakukan untuk mendukung operasi SAR di Maluku agar berjalan maksimal.

“Jadi kita juga akan menyiapkan fasilitas bagi pos-pos SAR di Maluku agar dapat bekerja maksimal, meski kita tahu bersama Basarnas juga punya keterbatasan,”katanya.

Selain memberikan bantuan fasilitas, Agus mengaku yang perlu disiapkan adalah SDM dan kemampuan para anggota SAR, sehingga apabila terjadi musibah baik di darat maupun di laut dapat tertangani secara cepat.

“Kita juga menyiapkan Basarnas Special Group, memampuannya itu diatas rescuers, jadi kalau di TNI ada Paskhas dan Kopasus dan sebagainya, di Basarnas ada BSG ini,”katanya.

Disamping itu menurut Agus pelatihan pertolongan bagi anggota SAR penting dilakukan karena perairan Indonesia termasuk di Maluku sangat rawan bencana,”Saat ini mungkin kita fokuskan peatihannya di laut api nanti juga dilakukan di darat karena SAR ini bertanggung ajwab penuh terhadap musibah di darat, udara maupun di laut,”ungkapnya.  (FAR)