Lawan Hoax, Masyarakat Diminta Bertanya Kepada Pihak Yang Berkompeten Soal Vaksin

by
Gubernur Maluku Murad Ismail menjadi orang pertama di Maluku yang menerima vaksin yang berlangsung di RSUP dr J. Leimena, Jumat (15/1/2021). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Program Vaksinasi Covid-19 di Maluku resmi dimulai Jumat (15/1/2021) dan Gubernur Maluku, Murad Ismail menjadi orang pertama di Maluku yang divaksin Covid-19.

Usai divaksin, Gubernur Murad menghimbau masyarakat di Maluku untuk tidak termakan informasi-informasi tidak benar alias hoax seputar vaksin Covid-19. Orang nomor satu di Provinsi Maluku ini pun menghimbau masyarakat agar bertanya kepada pihak yang berkompeten jika mendengar informasi-informasi hoax seputar Vaksin Covid-19.

Loading…

BACA JUGA : Gubernur Maluku Orang Pertama Divaksinasi Meski tekanan Darah Sempat Tinggi

BACA JUGA : Kata Mereka Pasca Divaksin Covid Perdana

BACA JUGA : Gubernur : Nakes Divaksin Pertama Agar Penanganan Covid-19 Maksimal

“Kalau ada hoax-hoax tentang vaksin, tanya kepada orang-orang yang berkompeten, yang tidak percaya, tanya kepada dokter yang bisa jelaskan vaksin secara keseluruhan,”pesannya usai divaksin Covid-19 perdana di RSUP dr. Johanes Leimena Ambon, Jumat bersama sejumlah pejabat lainnya maupun perwakilan tokoh agama.

Setelah dia bersama unsur pimpinan atau Forkopimda maupun perwakilan tokoh agama memberikan contoh ini, lanjut Gubernur, maka masyarakat sudah harus melihat dan tahu tentang keamanan dari Vaksin Covid.

“Yang jelas karena pejabat duluan dengan medis, itu sudah harus masyarakat melihat dan masyarakat harus tahu. Kalau ada yang meninggal mungkin karena ada penyakit lain. Karena (prosedural sebelum divaksin) dari meja 1,2, 3 dan 4, ditanyakan sama kita pernah sakit apa, alergi obat apa,”sambungnya.

Bahkan dia pun meminta jika masyarakat supaya terbuka ketika diskrining petugas kesehatan sebelum divaksin. “Jadi kita jujur aja, kalau kita pernah alergi kita beritahukan jangan kita menyembunyikan penyakit yang ada dalam diri kita. Jadi saya menghimbau kepada masyarakat, jangan takut dengan vaksin, vaksin hanya beberapa cc tidak mungkin dia merubah kita punya darah secara keseluruhan dan tidak mungkin disuntik didarah tapi dia suntik di kita punya kulit,”tandasnya.

BACA JUGA : Tegaskan Vaksin Covid Aman & Halal, Gubernur: Kami Divaksin Pertama Untuk Beri Contoh dan Yakinkan Masyarakat

Senada dengan Gubernur, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman juga menyampaikan hal yang sama. “Saya yakin tidak ada niat dari pemerintah pusat untuk mengorbankan rakyatnya, oleh sebab itu agar masyarakat semua pada waktunya divaksin nanti agar tidak terpengaruh hoax-hoax yang selama ini disebarkan melalui media sosial dan sebagainya,”pesannya. (Ruzady)