Layanan Radioterapi Pasien Kanker Di Adi Husada Cancer Center Surabaya   

by
Layanan radioterapi dengan tiga teknik unggulan Adi Husada Cancer Center (AHCC) lebih presisi dan tepat sasaran. FOTO: Dok. AHCC

SURABAYA, – Lebih dari separuh penyandang kanker memerlukan terapi radiasi. Bahkan terkadang, terapi radiasi malah jadi satu-satunya pengobatan kanker yang dibutuhkan. Untuk itu pemilihan metode pengobatan yang tepat dapat menunjang keberhasilan penyebumbuhan pasien. Seperti metode radioterapi (RT) yang digunakan Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya.

Radioterapi di AHCC menggunakan mesin akselerator linier atau linac. Itu merupakan mesin yang digunakan untuk mengarahkan sinar berenergi tinggi dari luar tubuh ke dalam tumor. Teknologi radiasi ini memungkinkan pengiriman yang tepat dari terapi radiasi sinar eksternal.

Mesin linac dapat memfokuskan radiasi dan mengurangi kerusakan pada jaringan normal, sehingga dokter dapat menggunakan dosis radiasi yang lebih tinggi. Radiasi eksternal biasanya dilakukan dengan kunjungan rawat jalan. Kebanyakan orang mendapatkan terapi radiasi eksternal dalam beberapa sesi selama beberapa minggu.

Sedangkan teknik radioterapi yang diterapkan pada AHCC ada tiga. Ketiganya juga menjadi keunggulan penggunaan teknologi pada pasien kanker.

Yang pertama yaitu konformal 3 dimensi(3D-CRT). Teknik ini menghantarkan sinar radiasi dari berbagai arah yang dirancang agar sesuai dengan bentuk tumor. Teknik ini akan lebih baik bekerja membunuh kanker dengan memfokuskan dosis radiasi pada tumor. Dengan begitu dapat mengecilkan kerusakan akibat paparan radiasi pada jaringa normal sekitar kanker.

Yang kedua, Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT). Tekniknya sama seperti 3D-CRT, namun punya kelebihan dapatmengubah kekuatan radiasidi area tertentu sehingga mendapatkan dosis yang lebih kuat pada bagian-bagian tertentu dari tumor dan membantu mengurangi kerusakan pada jaringan tubuh normal di sekitarnya.

loading...

Ketiga yaitu Image Guided Radiation Therapy (IGRT) merupakan teknik radiasidi mana pencitraan pemindaian (seperti CT scan) dilakukan sebelum setiap perawatan. Hal ini memungkinkan ahli onkologi radiasi untuk menyesuaikan posisi pasien atau memfokuskan kembali radiasi yang diperlukan untuk mengenai tumor dengan lebih tepat dan membatasi kerusakan jaringan lainnya.

Dengan kecanggihan kemajuan teknologi radioterapi di Surabaya itu, jenis kanker apa yang memerlukan perawatan dengan radio terapi (RT). Dalam beberapa kasus, beberapa siklus kemoterapi dapat diberikan terlebih dahulu. Radiasi juga dapat digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor (ini disebut terapi pra-operasi atau terapi neoadjuvant), atau setelah operasi untuk membantu menjaga kanker agar tidak kembali (disebut terapi adjuvant).

Untuk kanker yang sudah menyebar atau stadium lanjut, radiasi dapat membantu meringankan masalah seperti rasa sakit, kesulitan menelan, bernapas, atau penyumbatan usus yang dapat disebabkan oleh kanker stadium lanjut. Disebut juga radiasi paliatif. (ADVETORIAL)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *