Lebih dari 100 Pasien Antusias Ikuti Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis BCA di Ambon

by
Kepala KCU BCA Ambon Nelsye Tanaya (kiri) dan Ketua SPBK Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dr. Umar Mardianto (kanan), berfoto bersama pasien yang baru saja dioperasi katarak, di Rumah Sakit Rumkit Prof. dr. J. A. Latumeten Ambon, Jumat (12/7/2019).(istimewa)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK), Rumah Sakit Tentara, dan pemerintah daerah mengadakan bakti sosial operasi katarak di Rumkit Tk. II Prof. dr. J. A. Latumeten Ambon dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.

Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air. Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dibuka oleh Kepala KCU BCA Ambon Nelsye Tanaya bertempat di Rumkit Tk. II Prof. dr. J. A. Latumeten Ambon, Jumat (12/7/2019).

Hadir pula pada acara pembukaan tersebut Ketua SPBK Perdami Pusat Umar Mardianto, Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq, Kakesdam XVI/Pattimura Kolonel Ckm. Dr. Khairulsyah, Direktur RST Ambon Letkol Ckm Dr. Machmud Yunus.

Operasi katarak di Ambon ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada 12 Juli dan 13 Juli 2019.
Nelsye mengatakan, BCA yang hadir di sisi masyarakat ingin memastikan jumlah kebutaan akibat penyakit katarak di Indonesia terus berkurang dari waktu ke waktu.

Menyadari bahwa mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat krusial, maka BCA secara konsisten melakukan operasi katarak bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di kawasan tak tersentuh layanan kesehatan dengan optimal.

Seperti diketahui, jumlah penderita katarak di Indonesia sekitar 2,4 juta orang dan terus bertambah satu persen setiap tahunnya. Penderita katarak rata-rata masih di usia produktif. Sementara itu, katarak juga menjadi salah satu penyebab utama kebutaan. Kebutaan yang disebabkan oleh katarak mencapai sekitar 60%.

loading...

BCA telah berpartisipasi membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak sejak 2001. Pada tahun tersebut, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) dan sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation.

Sepanjang tahun 2019 sendiri operasi katarak telah kami selenggarakan di RSUD Putussibau sebanyak 127 pasien, RS Masmitra Bekasi sebanyak 83 pasien, RSUD Singaparna Medika Citrautama Tasikmalaya selama 101 pasien, RSUD Cikalong Wetan Bandung Barat sebanyak 85 pasien.

Tak hanya melalui Baksos Operasi Katarak, dukungan diwujudnyatakan juga melalui penyerahan donasi berupa 2 buah mikroskop kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat maupun lembaga kesehatan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu operasi katarak gratis diberbagai daerah.

“Kegiatan bakti sosial operasi katarak di Ambon ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 100 operasi gratis kepada masyarakat,” tutup Nelsye. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *