Ledakan Kompor Minyak Tanah Picu Kebakaran di Skip Ambon

by
Kebakaran di Skip Dalam Kota Ambon pada Minggu (9/7). FOTO : IST : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Kebakaran terjadi di kawasan Skip Dalam Sektor 10 Gereja Ebenezer tepatnya di  RT 02/RW 01 Kelurahan Batu Meja Kecamatan Sirimau Kota Ambon,  Minggu (9/7) sekitar pukul 16.00 WIT. Akibat kebakaran ini, satu rumah milik keluarga Reihard Siahanenia, (rumah Beto Indonesia Idol) ludes terbakar.

Kebakaran terjadi saat keluarga Reihard hendak merayakan ulang tahun kedua anaknya. Pemicu kebakaran  akibat ledakan kompor minyak tanah di rumah ini.  Menurut keterangan saksi, Maria   Eliyaan Habibu (51), kompor yang ia gunakan untuk masak nasi terjatuh saat ia hendak angkat nasi. Kompor terjatuh ke lantai dan mengenai lima buah jerigen minyak tanah, sehingga membuat kompor tersebut meledak dan membakar rumah.

“Setelah kompor meledak dan membakar rumah, saya keluar dan minta tolong kepada masyarakat,” kata Maria. Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan dan air  seadanya.  Enam unit mobil pemadaman kebakaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dikerahkan untuk memadamkan api.

Namun, lokasi kebakaran tidak dapat dijangkau oleh kendaraan mobil pemadaman kebakaran, sehingga proses pemadaman dilakukan dengan menggunakan mesin alkon milik pemadam kebakaran Pemkot Ambon dan dibantu  warga setempat. Setelah dua jam lakukan upaya pemadaman oleh petugas bersama  warga, akhirnya api berhasil dipadamkan,  namun  rumah beserta isinya sudah hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon Enrico Matitaputty menyatakan, akibat kebakaran ini, selain menghanguskan rumah keluarga Reihard dengan empat orang jiwa, sebuah rumah milik keluarga Mario Glen Weriditi dengan lima orang jiwa  juga mengalami rusak berat, serta sebuah rumah warga lainnya rusak sedang.

“Penyebab kebakaran akibat kompor meledak. Untuk rumah yang ludes terbakar, rusak berat beberapa surat penting seperti ijazah dan akte juga terbakar dan sementara diinventaris oleh keluarga korban. Bantuan sesuai protap sementara dilakukan,” kata Matitaputty kepada Terasmaluku.com.

Sepanjang Minggu (9/7)  terjadi dua peristiwa kebakaran di Kota Ambon. Yakni kebakaran Rumah Toko (Ruko) di Pertokoan Mardika Ambon dan kebakaran di kawasan Skip Kecamatan Sirimau Kota Ambon. (IAN)