Lembaga Amil Zakal Nasional IZI, Hadir di Maluku

by
Launching IZI Maluku

AMBON–Setelah dibuka secara nasional di 16 provinsi,  Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia  (IZI)  dibuka di wilayah Provinsi  Maluku. Peluncuran IZI  Perwakilan Provinsi Maluku dilakukan pada Selasa (31/5) di Kota Ambon, ditanda pemberiaan paket bantuan bagi  para janda ekenomi lemah. Kepala Perwakilan IZI Maluku Muhamad Ikbal Hulihulis menyatakan,  IZI Maluku merupakan bagian dari jaringan LAZNAS IZI.

LAZNAS  IZI, sebagai Lembaga Amil Zakat  berskala nasional, izinnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 423 Tahun 2015.  Dan  telah beroperasi secara resmi dalam mengelola dana zakat masyarakat Indonesia sejak 1 Januari 2016. “Di Maluku, IZI sudah dibuka, IZI hadir memberikan kemudahan, melahirkan kemandirian, semoga kehadiran lembaga ini di Maluku memberikan manfaat bagi umat,” kata Ikbal dalam rilis yang diterima Terasmaluku.com, Jumat (3/6).

Ia menyatakan, lahirnya IZI yang dibidani PKPU, menjadi langkah yang sangat tepat dalam rangka optimalisasi dan peningkatan layanan pengelolaan zakat sesuai amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Ikbal menyatakan,  IZI Perwakilan Provinsi Maluku merupakan bagian dari jaringan kantor perwakilan LAZNAS IZI yang sudah dibuka secara nasional di 16 provinsi. Yang saat ini dalam proses perizinan operasional di Kementrian Agama Provinsi Maluku.

Ia menyebutkan,  melalui tagline memudahkan, dimudahkan, IZI menghadirkan layanan yang semakin memudahkan bagi para donator untuk menunaikan zakatnya. Diantara kemudahan itu adalah layanan transfer zakat via ATM Bersama & Internet Banking, pembayaran via ATM bank Mandiri, setoran tunia via Gerai Zakat Perkantoran dan  Mall serta  di Kantor Perwakilan IZI sendiri.

“Selain itu di era e-comers saat ini, IZI juga membuka proses pembayaran via Payment Online yang bisa di akses secara on-line di PC maupun Smart phone. Bahkan untuk semakin memberi kemudahan layanan IZI meluncurkan Aplikasi Mobile berbasis Android  bernama Inisiatif Zakat yang sudah dapat diunduh di playstore,” katanya.

Menurut Ikbal, dalam hal penyaluran program, IZI senantiasa mendorong pada terwujudnya kemandirian bagi para kaum dhuafa yang dibantu melalui program-program pemberdayaan zakat seperti bantuan program ekonomi  dan  pelatihan keterampilan kerja, yang telah banyak menghasilkan para enterpreuneur baru.

Selain itu program-program yang sifatnya charity juga tidak ditinggalkan bahkan lebih ditingkatkan. Dan untuk tahun 2016 ini, IZI membuat program Rumah Singgah Pasien yang didirikan di sekitar rumah sakit rujukan nasional khusunya di Jakarta. RSP ini ditujukan bagi pasien-pasien dhuafa yang butuh tempat tinggal sementara selama masa berobat dengan fasilitas full dan diberikan secara Cuma-cuma.

Menghadapi bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah,  IZI mencanangkan pengelolaan zakat sebesar 60 milyar secara nasional dengan target penerima manfaat sebanyak 280.531 jiwa yang berasal dari kalangan dhuafa.

Program Berbagi Ifthor, Paket Lebaran, Sedekah Al-Quran dan Belanja Bersama anak Yatim masih menjadi program unggulan di tahun ini.  Ia menyakan, dengan mengusung tema Ramadhan, memudahkan saudaramu, dimudahkan urusanmu, membawa pesan yang sangat mendalam bagi kaum Muslimin agar senantiasa saling membantu sesama saudara dibulan suci ini.  Sehingga Allah SWT  akan membalasnya dengan memberi kemudahan pula dalam menyelesaikan urusannya.

“Di Bulan Ramadhan ini, IZI Perwakilan Maluku juga  menargetkan akan memberikan manfaat kepada 1.333 fakir miskin yang ada di Kota Ambon dan sekitarnya melalui Program Belanja Bareng Yatim, Paket Lebaran Keluarga Dhuafa, Paket Ifthor & Ta’jil, Paket Qur’an dan Penyaluran Zakat Fitra dan Fidya,” kata Ikbal.  Kantor  Kantor Perwakilan IZI Provinsi Maluku  berada di kawasan BTN Manusela Kebun Cengkeh Ambon. ADI