Lepas 365 JCH ke Tanah Suci, Sekot Minta Doakan Kota Ambon Terhindar Dari Bencana

by
Sekot Ambpn, A.G.Latuheru menyalami satu persatu Jamaah Calon Haji asal Kota Ambon saat pelepasan di Gedung Azhari Alfatah, Selasa (9/7/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Sebanyak 365 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon dilepas keberangkatannya ke Tanah Suci Mekkah oleh Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav. Pelepasan berlangsung di Gedung Azhari Alfatah Ambon, Selasa (9/7/2019).

Saat melepas, Sekot berpesan kepada JCH untuk mendoakan Kota Ambon agar terhindar dari bencana alam. Doa orang yang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci menurut Sekot mudah dikabulkan Allah SWT. Semua warga Kota Ambon diajak mendoakan keselematan para JCH hingga kembali dengan gelar haji mabrur.

“Kita titip doa agar jemaah haji mendoakan Ambon kita bisa keluar dari bencana yang menghantui kita. Sebagai orang beragama kita yakin doa tulus ikhlas apalagi saat ibadah haji sangat didengar,” ujarnya.

Umat Muslim yang berkesempatan menunaikan Rukun Islam Kelima, kata Latuheru sangat beruntung, untuk bisa sampai kesana harus mengantri belasan tahun. Terpenting menurutnya, naik haji bukan sekedar kemauan dan kemampuan, tetapi kembali dengan gelar haji mabrur dan membawa manfaat bagi banyak orang.

“Semua Umat Muslim berharap bisa menunaikan ibadah haji. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan bukan soal mampu saja tapi kemauan, kesempatan dalam perjalanan menuju tanah suci masyarakat doakan mereka tiba dengan selamat dan bisa jalankan ibadah yang baik,” harapnya.

Kepala Kantor Agama Kota Ambon, Zein Firdaus Kaisupy menuturkan, kuota JCH tahun 2019 untuk Kota Ambon sebanyak 398. 30. Diantaranya adalah kuota tambahan dari Pemerintah Arab Saudi, dimana Indonesia kebagian 10 ribu JCH. Tetapi dalam pelunasan tidak semua dapat menyanggupinya.

“Kalau kuota yang diberikan Kanwil Agama 368 pada saat pelunasan tidak terpenuhi semuanya. Kemudian ada tambahan 30 kuota lagi dan sisa itu ada yang bisa melunasi,”ujarnya.

Mengenai daftar tunggu kuota JCH mencapai 11 tahun. Dalam setahu diperkirakan 20 hingga 30 Umat Muslim mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji.

Saat pelepasan ini, Sekot bersama Kepala Kantor Agama Kota Ambon dan para tokoh agama menyalami satu persatu JCH. JCH akan bertolak ke Madinah pada 16 Juli. JCH Kota Ambon berangkat melalui Embarkasi Makassar, sebelumnya mereka menginap di asrama haji Sudiang Makassar.(ALFIAN)
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *