Lepas Kontingen MTQ Kota Ambon, Sekot Harap Ambon Juara Umum

by
Sekot menyerahkan petaka Kota Ambon kepada Kepala Kantor Agama Kota Ambon M. Rusdyi. FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

AMBON-SEKRETARIS Kota (Sekot)  Ambon Antonius Gustav (A.G) Latuheru  melepas 62 orang kontingen Musabah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Ambon yang akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi di Kota Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) pada  27 April 2017.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan petaka MTQ dari Sekot kepada Kepala Kantor Agama Kota Ambon M. Rusdyi di Balai Kota Ambon, Selasa (25/4). Diketahui dari 62 kontingen MTQ Kota Ambon, peserta yang mengikuti lomba sebanyak 37 orang, 23 orang pelatih dan official, dan 2 orang adalah tenaga kesehatan.

Loading…

Sakot dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat pada kultur masyarakat dan bangsa ini. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat. “Even ini selain menjadi syiar keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti memiliki daya dorong dan semangat terhadap upaya pembangunan di daerah,” katanya.

Sekot berharap,  Kafilah Kota Ambon bisa menjadi juara umum pada MTQ Provinsi di Bursel itu.  Sekot mengungkapkan, Kota Ambon adalah salah satu kota yang selalu mengirimkan peserta untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Maluku dan Kota Ambon selalu mewakili Maluku dalam even MTQ tingkat nasional.

“Cabang yang menjadi unggulan Kota Ambon yang selalu mewakili Maluku yakni Hifsil Quran 1 sampai 5 juz untuk putra dan putri, Tilawah anak-anak putra, dan Syahril Quran,” kata Latuheru.

Ia menyatakan, untuk cabang lomba yang lain Kota Ambon belum menunjukan prestasi yang memadai. Hal ini harus menjadi bahan evaluasi Lembaga Pembinaan Tilawah Quran (LPTQ) untuk dapat melakukan pembinaan secara terstruktur, sistematis dan terukur, sehingga Kota Ambon bisa meloloskan seluruh cabang lomba yang diikuti nanti pada tahun depan.

“Meskipun kita belum bisa mengikuti seluruh cabang lomba tetapi saya yakin LPTQ telah mempersiapkan peserta dengan baik sehingga Kota Ambon bisa memperoleh hasil terbaik tahun ini,” katanya.

Menurutnya, menjadi juara memang menjadi tujuan pada setiap even lomba yang ada. Namun juara bukanlah satu-satunya harapan yang diperoleh tetapi bagaimana para peserta bisa menjalin silaturahmi dengan seluruh peserta dari kabupaten kota yang lain.

Ia juga  berharap peserta yang mengikuti MTQ tingkat Provinsi dapat menampilkan seluruh kemampuan terbaik yang dimiliki sebagai wujud kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik buat kita Ambon. (IAN)