Lepas Lomba Aquathlon di Ambon, Menteri Susi : Perlu Integritas, Sportifitas Dan Spirit Bangun Bangsa

by
Menteri Susi bersama Gubernur Maluku saat melepas Salahutu Adventure Aquathlon 2016 di Pantai Natsepa, Sabtu (17/12). (Foto : ADI)

AMBON-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melepas sekitar seribu peserta Salahutu Adventure Aquathlon 2016 yang diselenggarakan Komando Daerah Militer (Kodam) 16 Pattimura di Pantai Natsepa Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu pagi (17/12). Sebelum melepas lomba, Susi berpesan kepada peserta lomba agar dapat menjunjung tinggi sportifitas. “Saya yakin sportifitas yang muncul dari kegiatan olahraga akan membangun integritas bangsa. Dan saya pikir itu yang sangat kita perlukan. Indonesia perlu integritas, perlu sportifitas, perlu spirit untuk membangun (bangsa),” katanya. Menurutnya, kegiatan
Salahutu Adventure Aquathlon ini sangat bermanfaat bagi fisik dan mental para peserta yang sebagian besar adalah anggota TNI dan Polri, agar tetap bisa bersemangat dan bekerja keras dalam menjaga dan membangun bangsa dan negara. Selain itu, Susi juga mengatakan, Indonesia adalah bangsa dengan potensi dan anugerah sumberdaya alam yang luar biasa dan perlu semangat dan integritas untuk membangunnya. “Yang kita perlu bangun sekarang adalah semangat dan integritas untuk mengimbangi kekayaan alam kita, supaya kita dapat mengelola dengan benar dan betul”, terang Susi.
Namun Menteri Susi yang didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff itu menyayangkan, potensi sumber daya perikanan Maluku yang besar selama ini hanya dicuri negara lain, diambil tanpa sedikit pun membawa nama besar atau mensejahterakan rakyat Maluku. “Kita persiapkan fisik dan mental orang Maluku untuk bisa mengelola kekayaan alamnya yang besar seperti ini”, pungkas Susi.
Lomba Aquathlon adalah paduan lomba renang, lari dan bersepeda dengan finish di Pantai Wisata Liang. Peserta awalnya berenang sejauh 2 km, kemudian lari sejauh 5,10 dan 22 km sesuai dengan katagori usia dan terakhir bersepeda sejauh 40 km dengan sistem perorangan maupun sistim relay. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 750 juta, bersumber dari berbagai sponsor. Diantara peserta yang ikut lomba ini adalah Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Mantan Danjen Kopassus itu berbaur dengan peserta lomba. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *