Lewat KKN, Mahasiswa UKIM Ambon Beri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 ke Masyarakat

by
Kelompok 8 Nusaniwe 17 mahasiswa KKN UKIM Ambon di Jemaat GPM Ora Et Labora, Klasis GPM Kota Ambon, Kamis (5/11/2020). FOTO : MAHASISWA KKN UKIM AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon tidak hanya duduk diam berpangku tangan melihat kondisi pamdemi covid-19 yang hingga kini masih mewabah termasuk di Kota Ambon.

Melalui KKN ini, Kelompok 8 Nusaniwe 17 di Jemaat GPM Ora Et Labora, Klasis GPM Kota Ambon, Kamis (5/11/2020), mahasiswa UKIM ini memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran hingga penguatan ekonomi ditengah pandemi covid-19.

Mereka didampingi instrukstur KKN, Dr. Johan Robert Saimima, M.A.”Kegiatan KKN yang diprogramkan mahasiswa UKIM berorientasi pada kerja sama tim KKN dengan jemaat untuk mencegah penyebaran pandemik Covid-19,”jelas instruktur KKN, Dr. Johan Robert Saimima kepada Terasmaluku.com, Jumat (4/11/2020).

Upaya-upaya pencegahan yang disampaikan melalui KKN ini kata Johan, meliputi pemasangan spanduk pencegahan covid-19, sosialisasi pencegahan covid-19, sosialisasi penguatan ekonomi masyarakat terhadap dampak covid-19 serta pembagian Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan hand sanitizer. Mahasiswa KKN juga membuat dan melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada gedung gereja dan jemaat.

Tidak hanya itu saja, mereka juga memberikan bantua sembako pada warga lansia, membuat dan penyaluran media edukasi pencegahan covid-19 dan diskusi bersama AMGPM Cabang Ora Et Labora mengenai Peran Pemuda Kristen merespon kondisi masa kini dan masa depan.¬†“Selama kegiatan dilakukan anggota jemaat GPM Ora Et Labora berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dengan antusias,”sambungnya.

Loading...

Selama kegiatan dilangsungkan, protokol kesehatan mendapat perhatian penting oleh mahasiswa peserta KKN dan jemaat yang terlibat dalam bentuk aksi maupun sosialisasi dan diskusi mengenai Covid-19 dan dampaknya bagi jemaat/masyarakat.

Mahasiswa KKN UKIM ini lanjut dia melibatkan dokter muda, Neni. Dadiara, S. Ked untuk sosialisasikan seputar ovid-19 dan dampak terhadap kesehatan, penguatan ekonomi masyarakat di era covid-19 disosialisasikan oleh Nicoline Hiariej, SE, M.Si; spritualitas pemuda Kristen, Generasi Y dan Z, di era Covid-19 dibawakan oleh dirinya langsung sebagai nara sumber.

“Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN UKIM mendapat respons sukacita dan terima kasih dari jemaat maupun Ketua Majelis Jemaat,”terangnya.

Mahasiswa KKN UKIM Ambon ini juga dimintai oleh jemaat untuk membantu penananaman pohon di sekitar kali Bak Picah, sehubungan dengan struktur tanah di lokasi mitra yang kurang baik sehingga mudah longsor.

Karena itu, penanaman pohon menjadi alternatif untuk mencegah bahaya longsor pada saat musim hujan melanda kota Ambon. “Kebutuhan jemaat yang disampaikan oleh Ketua Majelis Jemaat, Pdt. Ny. A.S Pattinasarany ini pun direspons positif oleh tim KKN, selanjutnya akan ditindaklanjuti demi kepentingan jemaat/masyarakat dan lingkungan di daerah Bak Picah, Negeri Urimessing,”tandasnya. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *