Lima Jalan di Kota Ambon yang Dikenakan Tarif Parkir Progresif

by
Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Penerapan tarif parkir kendaraan yang baru di kota Ambon berlaku khusus di lima ruas jalan ini.

Dinas perhubungan Kota Ambon, pagi tadi menyebutkan lima ruas jalan yang masuk zona strategis untuk pemberlakukan tarif parkir progresif.

BACA JUGA : Pemkot Ambon Operasi Burung Hantu di Malam Hari, Target Ternyata Ini

BACA JUGA : Tarif Parkir Baru Bertambah Tiap Jam, Kecuali Roda 2 dan 3

BACA JUGA : Tarif Parkir Bulanan Khusus Warga dan Pengusaha di 5 Zona Strategis

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam keterangan persnya Senin (17/5/2021) pagi menyatakan penerapan tarif baru sebagai salah satu upaya pembenahan sistem transportasi.

“Bagaimana tata parkir kota lebih baik. Terutama di zona strategis sangat pengaruh terhadap interaksi sosial,” jelasnya dihadapan sejumlah awak media, Senin (17/5/2021) pagi.

Lima zona strategis itu antara lain, Jalan A Y Patty, Jalan A M sangadji, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Said Perintah dan Jalan Diponegoro.

Nantinya akan ada alat khusus dan juru parkir yang bertugas untuk mencatat jam parkir setiap kendaraan di zona strategis.

Lima jalan ini dipandang pemerintah kota sebagai jalur potensial. Pusat perekonomia kota bergulir di lima jalan tersebut.

Secara umum, pendapatan kota dari retribusi parkir mencapai Rp 5 miliar. “Kurang lebih 5 miliar dari sektor transportasi. Padahal asumsi kita bisa capai lebih dri pada itu.Terutama jalur zona strategis,” terang orang nomor satu di Kota Ambon itu.

Senada dengan itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon, Robby Sapulette menambahkan lima jalan yang masuk zona strategis itu dapat mendukung pemerintah dalam membenahi sistem transportasi kota.

Apalagi dia mengakui ada keterbatasan lahan parkir serta petugas di lapangan. Cara ini dinilai dapat menekan persoalan parkiran di kota. (PRISKA BIRAHY)