Lima Kabupaten/Kota di Maluku Siap Cair Dana Desa Tahap I Tahun 2021

by
Koordinator Tenaga Pendamping Profesional P3MD Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Lima dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku siap dicairkan Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2021.

Lima Kabupaten/Kota ini yaitu Kota Ambon, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara setelah persyaratan pencairan lengkap.

Sementara enam kabupaten/kota lainnya yakni Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Tengah belum bisa dilakukan karena persyaratan masih belum lengkap.

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional P3MD Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan menjelaskan, sebelum DD bisa dicairkan, ada beberapa tahapan persyaratan yang terlebih dahulu dipenuhi.

Tahapan-tahapan ini diawali dengan tahapan ditingkat desa yang meliputi Musyawarah Desa atau Perencanaan Program, tersusunnya dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahunan, kemudian Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes).

Setelah ketiga syarat tahapan itu selesai, maka turunlah Peraturan Bupati (Perbup) tentang perincian pembagian Dana Desa dan Alokasi Dana Desa perdesa berdasarkan pagu dari Kementerian Keuangan. Persyaratan berikutnya adalah Surat Kuasa pemindahbukuan dari Bupati.

“Untuk Maluku dari 11 kabupaten/kota, baru lima kabupaten/kota yang ready atau siap pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2021,”jelas Syahrir kepada Terasmaluku.com di TERAS COFFEE Ambon, Kamis (4/3/2021).

Halaman Selanjutnya…