Lima Lingkaran Catatan Akhir Juni Oleh : Rudy Rahabeat, Pendeta GPM

by
Rudy Rahabeat. FOTO : DOK. PRIBADI

Tak ada yang lebih tabah // Dari hujan bulan Juni // Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu // Tak ada yang lebih bijak //Dari hujan bulan Juni
Dihapuskannya jejak-jejak kakinya //Yang ragu-ragu di jalan itu
Tak ada yang lebih arif //Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu (Sapardi Djoko Damono)

Lingkaran 1. Keluarga. Apa yang berubah dalam keluarga kita? Apakah makin solid dan kompak? Atau makin hambar dan longgar? Harapannya selama kebijakan stay at home, maka relasi antar suami-istri makin mesra, anak dan orang tua, adik dan kakak makin saling sayang dan saling peduli. Ingat, harta yang paling berharga adalah keluarga. Marilah kita perkuat ketahanan keluarga agar dapat merespons berbagai tantangan dan dinamika kehidupan. Jangan biarkan keluarga rapuh dan kalah ditelan tantangan zaman. Keluara kuat, masyarakat kuat, bangsa juga kuat.

Lingkaran 2. Persahabatan. Berapa sahabat yang bertambah. Berapa sahabat lama yang sudah dihubungi lewat telepon atau media sosial? Apa saja yang dibagi dan dibicarakan. Kadang sahabat dapat memberi penguatan saat kita putus asa, memberi dukungan dan semangat untuk terus melangkah. Ingat, sahabat itu bagai kepompong yang jadi kupu-kupu. Bina selalu persahabatan lintas batas agama, suku, status sosial, dan sebagainya. Di tengah berbagai persoalan yang datang silih berganti, persahabatan dapat menjadi kekuatan untuk mentransformasi kehidupan. Maka perbanyaklah sahabat, bukan musuh.

Loading...

Lingkaran 3. Lokal-Nasional. Di skala lokal kota Ambon, kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat menjadi PSBB. Pada level nasional wacana Normal Baru, trend pasien covid masih naik. Pro kontra teori konspirasi. Apa yang berubah? Siapa yang berubah? Pemerintah atau masyarakat atau semuanya? Kita hidup bersama orang lain. Kita tidak bisa menghindar dari pergumulan lokal maupun nasional. Jangan sinis apalagi apatis. Kita perlu memberi kontribusi bagi daerah dan bangsa sesuai daya dan kompetensi kita. Tak usah menambah beban dengan menebar hoaks, saling menuduh apalagi saling mempersalahkan. Mari cari solusi bersama untuk kebaikan bersama.

Lingkatan 4. Global. Apa yang trending bulan Juni di tataran global? Salah satunya gerakan melawan diskriminasi dan rasisme di Amerika Serikat. Kita harus melawan diskriminasi dan rasialisme di mana saja, sebab di mata Tuhan semua manusia sama apapun warna kulitnya, agamanya dan gendernya. Kita butuhkan tatanan dunia yang damai dan adil bagi semua. Jangan ada yang mendominasi yang lain. Jangan ada yang merasa superior dan lebih hebat dari yang lain. Mesti saling sinergi dan kolaborasi. Saling berbagi dan melengkapi. itulah dunia yang diimpikan, sebuah dunia yang nyaman bagi semua.

Lingkaran 5. Alam semesta. Hujan bulan Juni. Hujan cukup deras. Bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor, juga malaria. Waspadalah. Alam mesti dipelihara dan dirawat. Alam sebagai sahabat. Juga gerakan berkebun untuk ketahanan pangan dan usaha-usaha ekonomi kecil untuk sejahtera. Manusia tidak boleh egois. Alam akan balik menyerang manusia jika manusia mengeksploitasi alam secara sembarangan. Ciptakan harmoni di antara seluruh ciptaan. Sebab kita semua merupakan lingkaran kehidupan yang saling menghidupkan. Cintailah alam seperti dirimu sendiri.

Selamat mengakhiri bulan Juni
Selamat memasuki bulan Juli
Selamat memaknai semester kedua di universitas kehidupan
Jadilah berarti.

Salam sehat dari Ambon. Tuhan memberkati (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *