Lima Tempat Wisata di SBT Ini Jadi Target Masuk Event Nasional

by
Pembukaan rapat koordinasi pembangunan pariwisata Provinsi Maluku tahun 2020 di Gedung Serbaguna Kota Bula Kabupaten SBT, Rabu (19/2/2020). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Sejumlah tempat wisata ternama di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) direkomendasikan masuk dalam pembahasan event wisata nasional. Tempat wisata itu diantaranya, Pulau Kon, Danau Sole, Tanusan Geser, Pulau Bais dan Pantai Gumumae. Rekomendasi tersebut merupakan hasil rapat koordinasi pembangunan pariwisata Provinsi Maluku tahun 2020 yang digelar di Gedung Serbaguna Kota Bula Kabupaten SBT, Rabu (19/2/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J. Pattinama mengatakan, Kabupaten SBT memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup menarik dan luar biasa. Seharusnya menurut dia, tempat-tempat wisata tersebut dikembangkan di berbagai event-event atau kegiatan nasional hingga ke manca negara. Karena itu pihaknya akan memperkenalkan keunggulan potensi wisata SBT secara  nasional hingga ke sejumlah negara.

“Kita akan bawahkan objek wisata yang ada di SBT untuk presentasikan ke dalam event-event nasional sampai keluar negeri. Baik di Sepanyol, Portugal dan di Oslo, Nurwegia,”  kata Pattinama kepada wartawan usai rapat koordinasi. Namun lanjut Pattinama, meminta Pemerintahan Kabupaten melalui Dinas Pariwisata Kabupaten SBT harus rajin-rajin berkelaborasi, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik sehingga sektor pariwisata di SBT punya marwa yang hebat.

“Jadi kawan-kawan, kita harus pintar berkelaborasi, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik. Karena ini bukan negara yang melupakan kita. Tapi kita sendiri yang melupakan diri kita sendiri,” ungkap Pattinama, yang juga Dosen Universitas Pattimura Ambon itu.

loading...

Rapat koordinasi ini digelar untuk  melahirkan konsep pembangunan pariwisata di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini. Pattinama mengharapkan rapat koordinasi ini tidak hanya sebatas serimonial saja. Namun seharusnya melahirkan konsep untuk kemajuan pembangunan  pariwisata daerah. “Jagan sampai setelah selesai kegiatan ini, masing-masing pulang dengan isi ceramah saja,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten SBT, Zainal Arifin Vanath mengungkapkan, semua objek wisata di  daerahnya menjadi target untuk dipromosikan ke pemerintah pusat. “Semua objek wisata akan disampaikan. Akan tetapi sudah ada objek wisata yang menjadi dasar untuk direkomendasikan ke Kementerian Pariwisata,” katanya.

Ia mengakui tempat wisata yang direkomendasikan untuk dipromosikan agar menarik kunjungan wisatanya adalah Pulau Kon dan Danau Sole. “Namun selain itu, kami juga memprioritas obyek wisata Tanusan Geser, Pulau Bais dan Pantai Gumumae dapat dikembangkan melalui Kementerian Pariwisata dengan tujuan dapat menarik wisatawan ke SBT,” ungkap Zainal.(Sofyan)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *