Lintasan Fery Galala-Poka Dialihkan ke Negeri Lima

by

AMBON-Lintasan penyebrangan kapal fery dari Pelabuhan  Desa  Galala ke Desa  Poka Kota Ambon bakal ditutup menyusul  berfungsinya  Jembatan Merah Putih (JMP) yang menghubungkan dua desa itu juga.

Sebagai gantinya, pemerintah berencana mengalihkan rute penyebrangan kapal fery ke Desa Negeri  Lima Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Maluku Benny Gaspers menyatakan saat ini, pihaknya bersama  Kementrian Perhubungan melakukan survei  dan analisasi terkait pengalihan rute tersebut. Keberadaan rute  kapal fery dari Ambon ke  Galala sudah tidak layak lagi setelah diresmikannya  JMP oleh Presiden Joko Widodo Senin 4 April lalu.

“Lintasan penyebrangan fery dari Galala ke Poka ditutup dan  akan kita alihkan ke Negeri Lima,karena tidak bisa beroperasi lagi setelah ada JMP. Saat ini dilakukan survei terkait hal ini, dan akan diputuskan secepatnya,” kata Benny disela-sela Musrembang Provinsi Maluku di KM. Dorolonda, Sabtu (9/4).

Benny juga menyatakan hasil survei  itu juga akan menentukan lintasan mana yang akan dilalui kapal fery dari  Negeri Lima. Pemerintah Maluku menyiapkan berbagai skenario terkait pengalihan rute tersebut. Misalanya dari Pelabuhan Fery  Negeri Lima ke Pulau Buru, juga dari Negeri Lima ke Pulau Seram.  “Kita kembangkan sektor perhubungan laut untuk mempercepat akses ke daerah – daerah di Maluku, sehingga mendorong ekenomi masyarakat,”katanya.

Seperti diketahui setelah JMP dibuka, warga tidak lagi menggunakan jasa fery  yang menyebrangi Galala Poka dan  sebaliknya, karena lebih memilih melewati JMP. Selain cepat, melewati JMP juga  gratis. ADI