Listrik Padam, UNBK di SMA Negeri 1 Ambon Terganggu

by
Guru SMA Negeri 1 Ambon memeriksa komputer untuk UNBK menyusul pemadaman listrik saat ujian berlangsung, Selasa (11/4). FOTO : IAN (TERASMALUKU)

AMBON-Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Ambon   Selasa (11/4) terganggu akibat pemadaman  listrik  di sejumlah wilayah kota itu.  Peserta UNBK harus menunggu sekitar satu jam lebih untuk mengikuti ujian.

Humas SMA Negeri 1 Ambon, Rombuty menyatakan  pemadaman listrik di sekolah mereka  terjadi sekitar pukul 11.00 WIT, tepat  memasuki sesi kedua pelaksanaan  UNBK. Karena terjadi pemadaman listrik  sesi kedua UNBK  terpaksa  diundur sekitar satu jam. Seluruh komputer dan akses internet ke server Kemendiknas di Jakarta mati.

“Listrik padam disaat sesi kedua pelaksanaan UNBK hendak dimulai. Komputer dan akses internet ke server Kemendiknas mati, sehingga kami terpaksa berhenti dulu menunggu lampu menyala,” kata Rombuty. Siswa peserta UNBK terpaksa harus keluar dari ruangan ujian dan menunggu di halaman sekolah mereka. Pelaksanaan UNBK  baru dilanjutkan kembali sekitar satu jam kemudian setelah listrik di menyala lagi.

Pihak sekolah  sebelumnya sudah berkoordinasi dengan PLN   Area Ambon agar tidak memadamkan listrik saat UNBK berlangsung.  Namun ternyata listrik tetap padam. Pihak PLN juga tidak menyiagakan genset di sekolah untuk antisipasi terjadi pemadaman listrik saat UNBK. Pihak sekolah berharap tidak terjadi pemadaman listrik lagi saat UNBK berlangsung. (ADI)