LKPJ Gubernur 2016 Dimasukan Dua Bulan Lalu, DPRD Maluku Belum Paripurnakan

by
Anggota DPRD Maluku Saadia Uluputty

TERASMALUKU.COM, AMBON– Pemerintah Provinsi Maluku sejak April lalu sudah menyampaikan  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Anggaran 2016 ke DPRD Maluku, namun  hingga kini DPRD belum juga menggelar rapat paripurna membahas LKPJ itu.

Hal ini pun menjadi pertanyaan anggota DPRD Maluku lainnya. Diantaranya Saadia Uluputty, dari Fraksi PKS.Ia mempertanyakan kinerja pimpinan  DPRD Maluku yang hingga kini belum juga memparipurnakan  LKPJ Gubernur Maluku  Tahun 2016 itu.

“Informasi yang dari salah satu pimpinan dewan, LKPJ itu sudah disampaikan  Pemerintah Daerah Maluku  dua bulan ke DPRD. Nah saya juga mempertanyakan kenapa sudah dua bulan disampaikan ke sini (DPRD), kok belum diparipurnakan juga. Artinya, sebenarnya pemerintah daerah sudah siap, kenapa DPRD belum mengagendakan paripurna,” kata Uluputty kepada wartawan di ruang kerjanya usai sidang paripurna tutup buka masa sidang ke dua dan ketiga pada Rabu (24/5/).

Menurut Uluputty, berdasarkan Undang – Undang, DPRD harus menetapkan   LKPJ Gubernur dalam waktu   30 hari setelah Pemerintah Provinsi Maluku menyerahkan LKPJ ke dewan.   Dewan secepatnya  mempersiapkan untuk diparipurnakan bersama pemerintah daerah.  Namun faktanya hingga DPRD belum juga memparipurnakannya.

Padahal kata Uluputty, DPRD punya banyak waktu luang untuk menggelar rapat paripurna LKPJ gubernur tersebut.  Karena menurunya, paripurna LKPJ gubernur sangat penting, memiliki dampak besar guna mengukur  kinerja pemerintah daerah Maluku  pada tahun anggaran sebelumnya.  LKPJ gubernur  juga sangat berhubungan dengan pengawasan DPRD, karena itu seharusnya  dibahas secepatnya.

Menurut Uluputty, itu berarti Pemerintah Provinsi Maluku punya keinginan baik  agar patuh  dan taat kepada aturan sehingga menyampaikan LKPJ Gubernur ke DPRD tepat waktunya. “Khan tugas utama DPRD itu fungsi anggaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi. Karena itu menjadi keharusnya bagi DPRD  untuk segera diparipurnakan, sehingga dapat  meningkatkan sistem kinerja DPRD dan pemerintah dalam menyusun dan menjalankan program-program pemerintah yang juga diawasi dewan,” kata Uluputty.

Ia berharap, DPRD secepatnya menggelar paripurna membahas LKPJ Gubernur tahun 2016 ini, kemudian ditetapkannya.  Informasi yang dihimpun Terasmaluku.com di Sekretariat DPRD Maluku, agenda paripurna LKPJ direncanakan  akan berlangsung Jumat (26/5).  Meski sudah dijadwalkan Sekretariat Dewan, namun hal itu pun belum jelas pastinya.  (MQR)