Longboat Nelayan Banda Tenggelam Saat Mencari Tuna, Satu Orang Belum Ditemukan

by
Tim SAR Banda melakukan pencarian terhadap seorang nelayan Banda yang hilang saat longboat tenggelam di Perairan Laut Banda, Selasa (8/9/2020). FOTO : Basarnas Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebuah longboat nelayan Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah tenggelam saat melaut di Perairan Laut Banda, Selasa (8/9/2020) sore. Hingga kini seorang nelayan longboat tersebut belum ditemukan.

BACA JUGA : Satu Nelayan Banda Hilang Akhirnya Ditemukan

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi mengatakan peristiwa naas ini terjadi saat longboat dengan tiga orang nelayan Banda itu tengah mencari ikan tuna di posisi 4° 28.903’S – 129° 58.500’T Laut Banda. Namun tiba-tiba longboat  terbalik dan tenggelam.

Djunaidi mengjelaskan dua dari tiga nelayan yang menjadi korban kecelakaan laut yakni Ari Gani (23) dan Nur Sahidin (30) sudah ditemukan selamat oleh KM. Nggapulu yang melintas di perairan tersebut. Keduanya juga diberikan bantuan medis.

Loading...

“Saat KM.Nggapulu melintas di sekitar perairan Laut Banda, mereka melihat ada nelayan yang meminta pertolongan sehingga kapal putar arah menolong keduanya,”kata Djunaidi.

Sementara satu orang korban yakni Rizky Wanto (20) kata Djunaidi, masih dalam proses pencarian. “Satu orang lainnya atas nama Rizki Wanto masih dilakukan pencarian oleh SAR Banda,”jelas Djunaidi.

Proses pencarian korban kata Djunaidi dilakukan oleh Team Rescue SAR Banda dibantu personil KP3 Polsek Banda dan masyarakat. “Jarak dari Pos SAR Banda ke lokasi kurang lebih 5 NM Heading 52,62° Arah Timur Laut,”sambungnya.

Saat ini cuaca di perairan Laut Banda hujan ringan dengan tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter dengan kecepatan angin 4-20 knot. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *