Lulus Pelatihan Kompetensi BLK Ambon, Peserta Kantongi Dua Sertifikat Sekaligus

by
Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler membuka pelatihan yang digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon 2019 Kamis (31/1). FOTO: Alfian

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pelatihan berbasis kompetensi ini digelar di BLK Kota Ambon. Sebanyak 384 peserta mengikuti di Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon tahun 2019 yang dibuka oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Kamis (31/1/2019).

Kepala BLK Ambon Yulianti Matandung kepada wartawan mengatakan, Program Pelatihan ini diturunkan oleh pemerintah pusat di daerah melalui UPTD Kementerian Tenaga Kerja bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kota Ambon.

“Ujung-ujungnya nanti menjadi sejahtera pada waktu dibekali keterampilan. Dan pada waktu mereka jadi terampil, kompeten dan proporsional untuk memasuki dunia kerja dan dunia usaha,” kata Yulianti. Ia mengaku, para peserta pelatihan ini setelah lulus nanti akan dibekali dengan dua sertifikat yakni sertifikat sertifikat pelatihan dan sertifikat profesi.

“Yang diluluskan BLK nanti akan disertifikasi, Artinya ada dua sertifikat yang mereka terima diantaranya sertifikat pelatihan dan sertifikat profesi yang dikasih oleh lembaga sertifikasi profesi,” ujarnya. Yulianti juga mengaku, jika BLK Ambon sudah mempunyai lembaga sertifikasi tenaga kerja. Sehingga tanaga yang telah diluluskan sudah diuji melalui uji kompetensi di BLK Ambon.

“BLK Ambon sudah bekerjasma dengan perusahan maupun industri yang ada di Maluku ini. Tinggal BLK mencetak tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, Seperti hotel-hotel perusahaan atau industri yang ada,” ungkapnya.

Wakil Walikota Ambon Syarif Halder juga memberikan apresiasi yang tinggi karena memiliki nilai penting bagi upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. “Saya sangat berikan apresiasi yang tinggi sekali atas terlaksananya program ini,” kata Wawali.(ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *