Mahasiswa Ambon Gelar Aksi Super Damai Dengan Bagikan Bunga

by

AMBON- Puluhan mahasiswa di Kota Ambon dari sejumlah organisasi menggelar aksi super damai yang dipusatkan di perempatan Masjid Raya Alfatah Ambon, Jumat (2/12). Aksi yang dilakukan organisasi kemahasiswaan yakni HMI, IMM dan KAMMI ini, dengan cara membagikan ratusan bunga,ribuan stiker dan selebaran kepada pengendara yang melintasi kawasan Jalan Sultan Babullah, AM. Sangaji dan AY. Patty, perempatan Masjid Raya Alfatah.
Dalam selebaran dan pernyataan sikap yang dibuat secara bersama itu, mahasiswa menyatakan kerukunan hidup orang bersudara merupakan nilai kultur sekaligus aset paling berharga bagi masyarakat Maluku. Budaya Pela Gandong sebagai identitas Ke-Maluku-an telah menjadi perekat hidup antar orang bersudara di Provinsi Maluku.
Selebaran dan pernyataan sikap itu ditandatangani, korlap dari IMM Tamsir Buton, Korlap dari HMI, Abdul Mikat Albar dan dari KAMMI La Arufin. Mahasiswa juga minta masyarakat harus menjaga toleransi dan perdamaian di Maluku. Selain itu, semua elemen masyarakat maupun pemerintah Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon diminta untuk menjaga keutuhan antar umat beragama. Mereka berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu maupun wacana yang dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama di Maluku.
Dalam stiker yang dibagikan disebutkan juga damai dari Maluku untuk NKRI. Terkait kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahjapurnama atau Ahok, mereka minta proses hukum harus adil, transparan tanpa intervensi penguasa. Aparat penegak hukum juga harus bertindak profesional dalam proses hukum kasus Ahok ini. Puluhan aparat Polres Pulau Ambon dan TNI dikerahkan untuk mengamankan aksi mahasiswa. Aksi mahasiswa ini bubar sebelum pelaksanaan Shalat Jumat. (IAN)