Mahasiswa Demo di KPU Maluku, Protes Ketua KPU SBB

by

AMBON-Puluhan orang yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Adat Saka Mese Nusa Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berunjukrasa di Kantor KPU Provinsi Maluku, Kamis (9/3). Mereka menuntut KPU Maluku  mencopot Ketua KPU SBB Ahmad Sileuw  karena dinilai mencederai pelaksanaan Pilkada di wilayah itu pada 15 Februari lalu.

“Kami minta KPU Provinsi Maluku untuk mencopot Ketua KPU Kabupaten SBB karena telah mencederai aturan tentang Pemilihan Kepala Daearah di SBB,” kata seorang penanggungjawab aksi, Cristian Sea, saat berorasi.

Loading...

Menurutnya, dalam aturan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, seorang yang ingin menjadi kepala daerah tidak boleh terlilit hutang. Namun menurutnya,  KPU SBB telah meloloskan salah satu pasangan calon yang masih terlilit hutang.  Hal ini  menurut  Cristian  melanggar aturan.

Dalam peryataan sikap,  pengunjukrasa menuntut KPU Provinsi Maluku segera melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja KPU SBB, karena dinilai tidak profesional dalam melakukan verifikasi faktual berkas-berkas bakal calon bupati dan wakil bupati. Perwakilan pengunjukrasa kemudian diterima komisioner KPU Maluku. Pengunjukrasa juga minta Polda Maluku mengusut kasus ini.   (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *