Mahasiswa HPI IAIN Ambon Sosialisasi Jurusan ke Sejumlah SMA di SBB

by
Mahasiswa HPI Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Ambon tengah sosialisasi jurusannya kepada siswa Kelas 12 SMA Negeri 5 Seram Barat, Kamis (29 Maret).

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar sosialisasi jurusannya kepada siswa-siswi Kelas 12 di sejumlah SMA di  Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (29/3). Sosialisasi diantaranya dilakukan di SMA Negeri  5 Seram Barat, SMA Negeri 3 SBB dan SMA LKMD Olas Kecamatan Huamual sejak 27 hingga 29 Maret.

Sosialisasi di SMA Negeri Seram Barat juga dihadiri Abidin Papalia. Sosialisasi dilakukan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ) Pidana Islam Abdul Jihad Toisuta dan sejumlah pengurus HMJ lainnya. “Sosialiasasi ini bertujuan agar para siswa SMA mengetahui  jurusan HPI di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam di IAIN Ambon,” kata Toisuta.

Dalam sosialiasi ini mahasiswa memperkenalkan program studi jurusan HPI kepada para siswa.  Ketua Bidang I HMJ Pidana Islam,Sawal Tamher mengatakan, HPI IAIN Ambon merupakan program studi yang mampu mengintegrasikan  ilmu hukum pidana Islam dan hukum positif.”Yang membedakan kami dengan jurusan hukum di kampus  lain selain hukum pidana Islam sesuai dengan namanya, di IAIN  kami juga belajar tentang hukum positif,” kata Tamher.

Ia mengatakan, berbekal pengetahuan HPI dan hukum positif,mahasiswa dapat menjadi tenaga profesional dalam bidang hukum yang terserap pada berbagai lembaga hukum dan lembaga-lembaga publik.”Para ulumni kita siap menjadi tenaga professional dalam bidang hukum yang dipakai di berbagai lembaga hukum dan lembaga publik lainnya,” kata Tamher.

Sementara itu Ketua Bidang Minat dan Bakat HMJ Pidana Islam, Rafli Bufakar menjelaskan visi grogram HPI IAIN Ambon yakni, profesional dalam mengintegrasikan,kebudayaan, teknologi dalam bingkai multikultural pada 2032. “Dan misi dari HPI yaitu menyelenggarakan  pindidikan secara profesional dalam pengintegrasian ilmu keislaman,keilmyan hukum pidana Islam,seni budaya, dan teknologi,”jelas Rafli.

Ia juga mengatakan, HPI IAIN Ambon memiliki berbagai jenis beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa. Diantaranya beasiswa prestasi,beasiswa Supersemar,beasiswa  bidik misi, beasiswa mandiri,beasiswa madrasah aliyah, beasiswa miskin dan beasiswa unggulan Supersemester.(FAD)