Mahasiswa Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Tual

by
Mahasiswa Penyelam Indonesia Timur mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut kawasan Watdek Kota Tual,Kamis (17/8). FOTO : DOK : YUSUF SANGADJI

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 pada 17 Agustus. Puluhan Mahasiswa Penyelam Indonesia Timur mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut kawasan Watdek Kota Tual, untuk memperingati HUT RI pada Kamis  (17/8).

Pengibaran  Bendera Merah Putih dilakukan pada kedalaman 12 meter yang  dipimpin Kepala Seksi Satuan Pengawasan Simberdaya Kelautan dan Perikanan  Kota Tual, Yopi Yuspilan, dan disaksikan ratusan masyarakat kota itu.

Anggota Forum Penyelam Mahasiwa Indonesia, Yusuf Sangadji mengungkapkan, pengibaran bendera di bawah laut merupakan upaya melanjutkan cita-cita para pejuang Bangsa Indonesia dalam mewujudkan bangsa yang merdeka, sebagai negara maritim dalam hal pengelolaan sumber daya alam (SDA) secara mandiri.

Loading...

“Pengibaran bendera kami lakukan di bawah laut agar mempertegas bahwa Indonesia merupakan Negara Maritim, yang kaya untuk upaya Pejuang Bangsa dapat terus dilakukan dari laut, ”katanya.

Menurut dia, potensi SDA terbesar di Indonesia berasal dari laut , khususnya di kawasan Indonesia Timur. Namun SDA laut belum dikelola dengan baik sehingga kegiatan tersebut sekaligus mengkampanyekan potensi pariwisata maupun keaneka ragaman sumber daya bahari.

“Kami ingin mengkampanyekan kepada masyarakat, sebagai bangsa berkarakter memiliki sumber daya alam yang besar. khususnya Indonesia Timur sehingga dapat mengelola sumber daya alamnya dengan baik, ” kata Yusuf.

Setelah upacara pengibaran bendera, mahasiswa juga melakukan pembersihan sampah dimulai dari bawah laut hingga di Pesisir Pantai Watdek dan pembagian bunga kepada masyarakat di sekitartanya. (REE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *