Mahasiswi Pasca Sarjana Buru Ini Siap Bertarung Rebut Ketum Kohati PB HMI

by
Irna Buton

TERASMALUKU.COM,-AMBON- “Mewujudkan KOHATI sebagai Ibu Peradaban  Menuju Indonesia Bermartabat”  Itulah visi Irna Buton (IB) Wakil Bendahara Umum Korps HMI-Wati (Kohati) Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Irna adalah salah seorang yang digadang-gadang sebagai kandidat calon Ketua Umum (Ketum)  Kohati PB HMI di Kongres HMI ke XXX  serta Musyawarah Kohati (Munaskoh) yang digelar di Kota Ambon,  14 hingga 19 Februari 2018.

Sosok alumni SMA Negeri  2  Namlea  ini kini gencar dikampanyekan  teman-temannya sesama kader HMI menjelang Kongres HMI dan Munaskoh di Kota Ambon. Alumni Fakultas Agama Islam Universitas Iqra Buru (Uniqbu) ini bukan orang baru di  HMI. Perempuan kelahiran Jikumarasa, Kota Namlea Kabupaten Buru, 23 Maret 1990 ini mulai menjadi kader HMI setelah  mengikuti Basic Training (LK I) di Komisariat Fakultas Agama Islam Uniqbu pada 2018. Selain di HMI  sosok sederhana ini juga aktif di berbagai  organisasi eksternal, dan menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan periode 2009-2010.

Baca Juga : Polda Maluku Kerahkan 1.000 personil Amankan Pembukaan Kongres HMI di Ambon

 14 Februari Presiden Buka Kongres HMI di Ambon

Irna mengikuti berbagai jenjang pengkaderan internal HMI dan eksternal. Pada 2012-2013, Irna menjadi Ketua KOHATI Cabang Namlea, dan menjadi Bendahara  Umum HMI Cabang Namlea periode kepengurusan 2014-2015. Kifrahnya di HMI Cabang Namlea mengantarkan Irna, mahasiswi Program  Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya, Jakarta ini terpilih masuk kepengurusan KOHATI  PB HMI sebagai wakil bendahara umum sejak 2016 hingga kini.

“IB adalah sosok yang ideal berintegritas, kandidat Kohati Pengurus Besar HMI yang akan bertarung pada Kongres HMI serta Musyawarah Kohati di Ambon, untuk niatan ini mohon do’a dan dukungan segenap basudara samua di Maluku,” demikian status Rahangiar Ida, tim pemenangan Irna, diakun facebooknya.  Ida mengungkapkan rekannya, Irna sudah siap bertarung di  Kongres HMI dan  Munaskoh yang akan dibuka Presiden Joko Widodo pada 14 Februari 2018.

Irna Buton

Untuk bertarung, Irna sudah menyiapkan visi, misi, ide, gagasan serta program untuk KOHATI. Selain tentunya membangun komunikasi dengan KOHATI Cabang se Indonesia dan PB HMI. “IB sudah membangun komunikasi dan silaturahmi dengan teman – teman KOHATI   serta PB HMI dan sosok yang akan bertarung kali ini adalah generasi emas dari bumi Bupolo (Buru)  telah Istiqomah dan berketetapan hati untuk maju bertarung pada moment (Kongres) tersebut,” kata Ida.

Ida juga mengungkapkan, Irna  bukan maju hanya sekedar ucapan atau meramaikan arena tersebut, namun telah siap dengan landasan semangat Rete Mena Bara Sehe (maju terus pantang mundur). “Kapan lagi kalau bukan sekarang,dimana lagi kalau bukan di sini (Ambon), siapa lagi kalau bukan katong.  Harus ambil tongkat estafet untuk ada dalam perjuangan besar mewarnai bangsa ini untuk meneguhkan rasa keadilan berbangsa dan bernegara,”tutur Ida. (ADI)