Maluku 72 Kasus Covid-19 dan Rencana Pengalihan Pasien ke RSUP

by
Grafik kasus terkonfirmasi positif yang sembuh di Maluku sebanyak 17 kasus pada data nasional, (15/5). SUMBER: Covid19.go.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Hari ini Jumat (15/5/2020) jumlah kasus terkonfirmasi positif di Maluku bertambah 10 kasus. Totalnya menjadi 72 kasus. Para pasien ini merupakan penambahan dari tenaga medis dan pegawai di RSUD. Dr. Haulussy Ambon.

BACA JUGA :  Bagaimana Jika PSBB Ditolak, Ini Strategi Walikota Ambon

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, telah memastikannya. “Penambahan 10 orang ini semua dari Haulussy (RSUD. Dr. Haulussy, red). Ada tenaga medis dan tenaga nonmedis,” tutur Kasrul.

Sumber: corona.malukuprov.go.id

Lebih rinci dia menyebut tenaga nonmedis seperti para pekerja pembersih atau cleaning service yang biasa bertugas di rumah sakit. Mereka semua tengah menjalani isolasi di RSUD. kondisi saat ini rumah sakit dalam kedaaan tertutup dan tidak menerima pasien rawat inap. Ruangan yang ada dimaksimalkan untuk menempatkan para pasien tersebut. “Kan seng terima pasien jadi kamar-kamar itu dipakai,” lanjutnya.

Loading...

Dengan penambahan itu maka jumlah kasus terkonfirmasi positif di Maluku ada 72 kasus, 5 kasus meninggal, 50 pasien dalam perawatan dan 17 kasus sembuh. Berdasar olah data pada situs covid-19 nasional, persentase jumlah kesembuhan di Provinsi Maluku ada 27,4 % dari total kasus terkonfirmasi provinsi.

Sementara itu terkait pengalihan pasien ke RSUP. dr. J. Leimena, sekda Maluku itu menyebut pihaknya tengah berupaya agar sebisa mungkin pasien sudah dapat dialihkan ke RSUP pada Senin. Hal itu mengingat masih dilakukannya sejumlah persiapan teknis pun ketersediaan tenaga medis.

Untuk diketahui jumlah ruangan yang akan digunakan cukup banyak. Yakni 200 kamar dari total 250 kamar yang ada. Rumah sakit milik kementerian kesehatan itu pun memang sejatinya belum aktif menerima pasien umum. Namun kondisi pandemi ini mengharuskan ada penyesuaian agar para pasien dapat tertangani dengan baik. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *