Maluku Dapat Lampu Hijau Dirjenhubda Jika Mau Tambahan Pelabuhan

by
Dirjenhubda, Budi Setiyadi didampingi Gubernur Maluku, Murad Ismail saat berikan keterangan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (3/11/2020). Foto: Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON – Diretur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjenhubda) Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi membuka pintu lebar-lebar bagi Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku yang ingin meminta tambahan pelabuhan penyeberangan.

Sampai saat ini diakui Budi, jumlah lintasan penyeberangan di Maluku sebanyak 60 lintasan. “Di Maluku sampai saat ini sudah ada 60 lintasan penyeberangan dengan anggaran satu tahun 67,3 miliar dan kalau itu juga belum mencukupi kami persilahkan para bupati melalui Gubernur untuk sampaikan proposal kepada saya agar kita beri dukungan kepada Maluku,”tuturnya saat berikan sambutan pada peresmian pengopersian KMP. Bahtera Nusantara 02 di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Selasa (3/11/2020) sore.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun saat diwawancarai di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (3/11/2020). Foto: Terasmaluku.com

Hal ini lanjut Budi sebagai bagian dari perhatian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk wilayah 3T. “Nanti ajukan kepada saya dan saya akan lapor kepada Pak Menteri,”sambungnya.

Loading...

Sementara Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta agar bupati/walikota yang ingin meminta penambahan maupun yang belum miliki pelabuhan penyeberangan untuk bisa disampaikan kepada Pemprov Maluku sehingga Pemprov Maluku akan meneruskannya kepada Kemenhub melalui Dirjenhubda.

“Tolong para bupati/walikota sampaikan apa permintaan untuk membuat pelabuhan, tolong sampaikan kepada kami (Provinsi) sehingga kami bisa sampaikan kepada dirjen,”pesannya. Dengan dibangunnya infrastruktur dan sarpras perhubungan, lanjut Gubernur, diharapkan dapat meningkatkan aksebilitas antar pulau dan meningkatkan akselerasi pariwisata dan perekonomian masyarakat di Pulau-pulau,”ujarnya.

Terpisah, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun yang juga hadiri acara tersebut mengatakan pihaknya pasti akan menindaklanjuti peluang besar tersebut untuk meminta Dirjenhubda membangun dermaga penyeberangan yang akan menghubungkan Kei Besar dan Kei Kecil yang sampai saat ini belum ada.

“Saya pasti akan tindaklanjuti ini dan akan minta rekomendasi gubernur untuk menghadap Dirjen untuk minta dibangun dermaga dan pelabuhan penyeberangan untuk menghubungkan Kei Besar dan Kei Kecil,”ujarnya kepada awak media. Untuk lahannya sendiri dipastikannya sudah disiapkan. (RUZADY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *