Pedagang Bunga Musiman di Ambon Panen Berkah

by

AMBON-Pedagang bunga musiman di Kota Ambon panen berkah menjelang Hari Pendidikan Nasional yang setiap tahun diperingati pada tanggal 2 Mei. Para pedagang mengaku dari hasil menjual bunga mereka bisa meraup untung hingga Rp 1.500.000 setiap harinya.
“Alhamdulillah lumayan bagus hasilnya, soalnya banyak yang beli untuk diberikan kepada para guru,”kata Suyono salah seorang pedagang yang ditemui di depan pusat Perbelanjaan Ambon Plaza, Minggu (1/5).
Suyono mengaku tidak setiap hari dia menjual bunga, profesi sebagai penjual bunga hanya dilakukan saat menjelang hari pendidikan nasional. Menurutnya bunga yang dijual dipesan langsung dari Pulau Jawa.
“Saya baru tiga tahun berjualan bunga itu pun hanya saat menjelang hari pendidikan nasional saja mas, tapi lumayan bisa menghidupi keluarga,”katanya.
Bunga yang dijual Suyono harganya berpariasi mulai dari yang paling murah, Rp 5.000 hingga Rp 40.000. namun kata Suyono pembeli yang umumnya para siswa lebih memborong yang harganya relatif lebih murah.
“Kalau pembeli rata-rata para siswa, tapi ada juga ibu-ibu yang datang membeli, tadi ada beberapa orang yang beli juga bapak-bapak,”katanya sambil tersenyum.
Sementara Robi salah satu pedagang bunga lainnya mengaku dia telah berjualan bunga sejak sepekan terakhir, setiap hari dia mampu meraup keuntungan hingga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.
“Penghasilan tergantung ya; karena yang jual bunga juga kan banyak jadi kita juga harus pintar-pintar menjual,”ujarnya.
Salah satu siswa, Ibrahim mengaku dia dan teman-temannya sengaja membeli bunga untuk diberikan kepada para guru mereka saat Hari Pendidikan Nasional. Baginya dengan memberikan bunga kepada para guru, maka telah memberikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada guru-guru mereka.
“Ini bentuk ucapan rasa sayang dan rasa cinta kepada guru saya, saya kira semua siswa akan melakukan ini sebagai ungkapan rasa terima kasih mereka kepada guru,”ujarnya. (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *