Maluku Punya LIN dan Ambon New Port, Sekda : Kabupaten/Kota Harus Lihat Peluang Ini

by
Sejumlah ABK tengah bongkar muatan hasil perikanan tangkap di PPN Tantui, Ambon beberapa waktu lalu. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang meminta agar kabupaten/kota di Maluku harus bisa melihat peluang besar dari Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port di Maluku.

BACA JUGA : Ini Tugas Daerah Dalam Pembangunan Ambon New Port

Karena dampak atau multi efek dari adanya LIN dan Ambon New Port ini akan banyak sekali, terutama dari segi lapangan pekerjaan.

Apalagi jika ditilik dari segi sumber daya perikanan, Maluku memiliki potensi yang besar yang tersebar di tiga wilayah pengelolaan perikanan atau WPP yakni WPP 714, 715 dan 718.

Sehingga kebutuhan tenaga kerja untuk kapal-kapal penangkap ikan semakin banyak. Dan peluang-peluang ini kata Sekda harus bisa dilirik oleh kabupaten/kota. Apalagi dari kajian KKP. ada 1.900 kapal yang beroperasi di tiga WPP ini.

                                                      Sekda Provinsi Maluku, Kasrul Selang. Foto : Humasmaluku

“Itu yang tadi saya bilang, teman-teman di Kabupaten tidak boleh berdiam diri, tapi bagaimana menangkap peluang-peluang itu. Dengan adanya sentralisasi terpadu, logistiknya disitu maka kita butuhkan kapal berapa banyak, kapal 30 GT berapa banyak, kapal 100 GT berapa banyak, diatas kapal itu butuh tenaga, Nahkoda dan ABK berapa banyak. Efeknya ke masyarakat. Siapa yang menangkap peluang itu ya bagus, terutama masyarakat sekitar. Bayangkan kalau seribu kapal yang ada disitu bagaimana,”tuturnya saat diwawancarai disela-sela ekspor komoditi Pala perdana dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon ke Cina, Selasa (30/3/2021).