Maluku Sudah Ada 2 Kasus Kematian Positif Covid-19

by
Data jumlah kasus inveks virus corona di Provinsi Maluku hingga hari ini, (7/5). Sumber: corona.malukuprov.go.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Terhitung hingga hari ini, Kamis 7 Mei 2020 kasus kematian pasien  positif covid-19 ada dua (2) orang. Dengan jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 32 kasus.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang merinci data lengkapnya pada keterangan pers Kamis (7/5/2020) sore. Kasus kematian pertama pasien positif pada Rabu (6/5/2020) dan telah dimakamkan di TPU Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon.

Sedangkan kasus kematian kedua yakni almarhum dengan riwayat diabetes serta ginjal dan telah dimakamkan lebih dulu di Hunuth pada Minggu 3 Mei 2020 lalu. Dia merupakan pasien kasus ke-24. Namun hasil pemeriksaan swab metode PCR baru dikethui hari ini, Kamis (7/5/2020) dan langsung diumumkan secra resmi. “Yang LS itu kasus 25. Yang meninggal kemarin,” terang Kasrul.

Pasien kasus ke-26 berjenis kelamin perempuan dengan inisial MM, berusia 21 tahun. Kasus 27, berjenis kelamin perempuan inisial UM usia 29 tahun. Kasus 28 berjenis kelamin perempuan, usia 30 tahun. Tiga kasus ini, menurut Kasrul sedang dalam kajian epidemiologi. Hal ini diduga berkaitan dengan kasus 25, almarhum LS pedagang topi di Pasar Mardika Ambon. “Kasus 26 sampai 28 itu masih lakukan pengkajian epidemiologi apa masuk klaster LS atau bukan. Mereka semua dirawat di RSUD Dr. Haulussy Ambon,” tegas Kasrul.

Loading...

Sementara pasien kasus 29 berjenis kelamin perempuan inisial SA berusia 60 tahun. Pasien kasus 30 berjenis kelamin laki-laki usia 45 tahun inisial HSJ, kasus 31 adalah laki-laki usia 48 tahun inisial HK dan kasus 32, perempuan inisial YH. Empat pasien ini memiliki gejala ringan dan masih berada di rumah. Namun Gugus Tugas tengah menyiapkan untuk pemeriksaan lanjutan seperti rontgen dan uji laboratorium.

Dari situ dokter baru bisa menyimpulkan apakah mereka dirawat di Balai Diklat atau di rumah sakit. “29-32 gejala ringan tapi sangat tergantung tim medis. Mereka ini pasien dari klaster kasus ke 15 inisial HB,” paparnya.

Untuk rincian di Kota Ambon, Juru Bicara Gustu Kota, Joy Adriansz menyatakan dari peningkatan jumlah kasus terbaru perhari ini, ada 7 orang dari Kota Ambon. Tiga orang dirawat di RSUD Dr. Haulussy dan empat pasien lain di RST Dr. J.A. Latumeten. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *