Maluku Tenggara Jadwalkan Vaksinasi Covid Perdana Jumat

by
Ilustrasi. foto : Merdeka.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 2.320 dosis vaksin covid-19 sinovac jatah Kabupaten Maluku Tenggara telah tiba Rabu (27/1/2021) di Langgur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, Ketty Notanubun menjelaskan, setelah vaksin tiba, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan melakukan vaksinasi covid-19 perdana pada Jumat 29 Januari 2021.

Loading…

Sementara distribusi ke Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang telah dipersiapkan untuk melakukan vaksinasi covid-19 ini akan dilakukan Kamis 28 Januari.

“Besok (Kamis 28 Januari) lakukan persiapan distribusi, Jumat (29 Januari) vaksinasi perdana,”jelasnya kepada terasmaluku.com, Rabu malam via seluler.

Dipastikannya, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun akan menjadi orang pertama yang divaksinasi Jumat nanti. Vaksinasi perdana ini kata dia untuk Forum Pimpinan Daerah (forkopimda) termasuk pimpinan DPRD Malra, Tokoh Agama, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Rumah Sakit yang ada di Malra. “Setelah itu baru diikuti vaksinasi kepada tenaga kesehatan (nakes),”sambungnya.

Untuk jumlah nakes di Malra yang akan divaksinasi kata Notanubun menambahkan berjumlah 1.120 orang. Sementara fasyankes yang disiapkan melaksanakan vaksinasi sebanyak 20, terdiri dari 18 puskesmas dan 2 Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit Hati Kudus dan RSUD Karel Satsuitubun di Langgur, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara dengan jumlah vaksinator sebanyak 122 orang.

Pihaknya menargetkan dalam kurun waktu 10 hari, vaksinasi tahap pertama untuk nakes di Malra bisa selesai. “Kami berusaha menyelesaikan secepat mungkin, yang beban berat di Rumah Sakit, kalau puskesmas tidak terlalu berat, satu sesi 15 orang, kita berusaha dalam 10 hari sudah selesai, karena 14 hari berselang sudah harus vaksinasi kedua. Kami mohon dukungan mudah-mudahan semua berjalan lancar,”tandasnya. (Ruzady)