Mantan Gubernur Maluku Dimakamkan Disamping Mantan Wagub Memet

by
Foto diambil Pejabat Pemprov Maluku

AMBON-Jenazah mantan Gubernur Maluku Dr.Ir. Mohammad  Saleh Latuconsina, Sabtu (16/7) dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir Jakarta.  Gubernur pencetus konsep gugus pulau ini dimakamkan bersebelahan dengan mantan Wakil Gubernur (Wagub) Maluku periode 2002-2007 Memet Latuconsina.

Informasi yang diperoleh Terasmaluku.com dari seorang pejabat Pemprov Maluku di Jakarta menyebutkan,  sebelum dimakamkan, dilakukan prosesi penyerahan jenazah dari keluarga, diwakili Ruswan Latuconsina ke Pemrov Maluku yang diterima langsung Gubernur Maluku Said Assagaff di rumah duka di kawasan Jalan Kemang Selatan IV Nomor 79  Jakarta.

Loading…

Setelah itu dilakukan upacara pelepasan jenazah secara kedinasan yang dipimpin Gubernur Maluku, dengan inspektur upacara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, M. Saleh Thio. Dalam upacara itu juga dibacakan riwayat almarhum oleh Kepala BKD Maluku M.Lopulalan.

Suasana haru dan sedih saat pelepasan jenazah tokoh kharismatik itu.  Jenazah Gubernur Maluku periode 1997-2002 itu kemudian  disholatkan  di Masjid Assalam  milik Kementrian PU dan Perumahan Rakyat (PUPR),  yang juga dihadiri Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan pejabat eselon I serta stafnya lainnya. Almarhum yang juga mantan Kadis PU dan Kepala Bappeda Maluku ini juga merupakan pensiunan di Kementrian PU.

Jenazah kemudian dibawa ke TPU Tanah Kusir Jakarta, untuk dimakamkan. Peti jenazah diarak oleh Praja IPDN Jatinangor. “Almarhum dimakamkan di TPU Tanah Kusir,  bersebelahan dengan Pak Memet Latuconsina,” kata pejabat Pemprov Maluku itu.   Pemakaman juga  dihadiri anggota DPD RI asal Maluku, Anna Latuconsina, Rektor Unpatti Prof Dr M. J Sapteno, sejumlah tokoh asal Maluku di Jakarta,  anggota DPRD Maluku serta  pejabat lingkup Pemrov Maluku.

Seperti diberitakan sebelumnya, sosok yang biasa dipanggil Pak Le itu meninggal dunia pada Jumat (15/7),  saat berwudhu  untuk menunaikan Sholat Jumat. Almarhum adalah  sosok yang tenang, ramah dan murah senyum terutama saat mengatasi konflik sosial di Maluku. ADI