Mantan Pangdam Pattimura Ditetapkan Sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon

by
Walikota menyerahkan surat keputusan penetapan warga kehormatan Kota Ambon kepada Mayjen TNI Doni Monardo dalam rapat paripurna DPRD Kota Ambon, Jumat (17/11). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Mantan Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo ditetapkan sebagai warga kehormatan Kota Ambon. Penetapan Mayjen TNI  Doni Monardo, yang kini menjadi  Pangdam III/Siliwangi ini dilakukan  melalui  rapat Rapat Paripurna Khusus di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Ambon, Jumat (17/11).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kota Ambon James Maatita itu dihadiri Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam 16 Pattimura yang baru Mayjen TNI Suko Pranoto,Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan sejumlah pejabat lainnya.

Penetapan Mayjen  Doni Monardo sebagai warga kehormatan Kota Ambon berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kota Ambon Nomor  16/KPTS/DPRD/2017 tanggal 13 November 2017 dan Surat Walikota Ambon Nomor : 478 Tanggal 14 November 2017 Tentang Pengangkatan Mayjen TNI Doni Monardo Sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon.

Walikota Richard dalam sambutannya menyatakan, penetapan Doni Monardo sebagai warga kehormatan Kota Ambon merupakan bentuk apresiasi Pemerintah  Kota Ambon kepadanya atas partisipasi aktif dalam membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat Maluku. Jenderal dengan dua bintang dipundak ini  hadir di Maluku sejak tahun 2015 silam menjabat sebagai Pangdam 16 Pattimura hingga 14 November 2017, digantikan Mayjen TNI Suko Pranoto.

Menurut Walikota, kehadirannya di Maluku memberikan perubahan yang signifikan dengan program unggulannya yaitu program Emas Biru dan Emas Hijau yang sangat membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat Maluku sehingga tercipta suasana yang aman dan damai yang dilambangkan dengan Emas Putih.

“Program emas biru adalah merupakan program pemberdayaan masyarakat yang meliputi sektor perikanan dan kelautan. Sedangkan emas hijau pemberdayaan masyarakat pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, dengan mengembalikan kejayaan rempah-rempah masyarakat Kota Ambon dan  Maluku,” kata Walikota.

Kedua program ini, kata dia, telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari masyarakat luas dan dari program ini telah menarik pejabat negara untuk berkunjung ke Kota Ambon dan melihat program emas biru dan emas hijau. Diantaranya, Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan beberapa menteri yang berkunjung memberikan apresiasi terhadap program ini.

Loading...

Walikota juga mengungkapkan, Mayjen TNI Doni Monardo telah membuktikan filosofi Jendral Sudirman bahwa TNI bukanlah suatu golongan diluar masyarakat melainkan bagian yang paling dekat dengan masyarakat.

“Saya harus katakan kalau masyarakat Maluku sangat beruntung karena telah dipimpin oleh Panglima yang memiliki pemikiran yang brilian, atas tanggung jawab, kerja keras dan dedikasi serta komitmen yang dihadirkan oleh Mayjen TNI Doni Monardo ini kepada masyarakat Maluku dan kota Ambon, maka saya Walikota Ambon dan Upulatu Kota Ambon atas nama rakyat Kota Ambon dengan persetujuan DPRD Kota Ambon dengan ini menyatakan Mayjen TNI Doni Monardo sebagai warga Kehormatan Kota Ambon,” katanya.

Walikota  berharap, dengan penetapan ini, Mayjen TNI Doni Monardo tidak melupakan masyarakat Kota Ambon pada saat menjalankan tugas di tempat yang baru nanti dan juga program emas biru dan emas hijau bisa dilanjutkan nanti, walaupun sudah ada pimpinan yang baru.

Dalam sambutannya, Mayjen Doni Monardo mengucapakan terimakasih kepada segenap warga Kota Ambon dan seluruh masyarakat Maluku karena telah memberikan suatu penghargaan khusus kepadanya sebagai warga kehormatan Kota Ambon. Penghargaan ini bukan suatu hal yang biasa namun suatu prestasi yang luar biasa.

Ia menyatakan,kehadiran Kodam 16 Pattimura melalui program Emas Biru dan Emas Hijau kepada Maluku di bidang Sumberdaya Alam, bertujuan membantu perekonomian masyarakat Maluku tanpa mengurangi dan melebihi kapasitas Pemerintah Daerah Provinsi Maluku atau Pemkot Ambon dalam fungsinnya.  “Saya mewakili TNI angkatan darat menyampaikan terima kasih yang tak terhingga. Secara pribadi saya memiliki tanggung jawab kepada masyarakat Maluku dan Kota Ambon,” katanya.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon  dengan berbahagia dan bangga melepas Mayjen TNI Doni Monardo ke tempat tugas yang baru sebagai Pangdam III Siliwangi dan menyambut dengan tangan terbuka Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai Pangdam 16 Pattimura,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy.  (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *